Takjil Tinggi Protein untuk Berbuka Puasa: Pilihan Sehat Selama Ramadan | Musclefirst

Takjil Tinggi Protein untuk Berbuka Puasa: Pilihan Sehat Selama Ramadan

Penulis Artikel Fitrah Nur Islamiah
2023-04-05
takjil tinggi protein
#kasein

Ramadan adalah bulan yang penuh berkah dan amal kebaikan. Berbuka puasa merupakan hal yang harus diantisipasi selain puasa itu sendiri. Setelah hari yang panjang tanpa makanan dan air, berbuka puasa adalah acara khusus di mana kita memberikan energi yang dibutuhkan tubuh kita.

Tubuh membutuhkan makanan yang cukup selama bulan puasa agar tetap sehat dan bugar. Takjil merupakan komponen penting berbuka puasa selain makanan utama. Sebagai hidangan pembuka sebelum hidangan utama, takjil biasanya dikonsumsi terlebih dahulu. Oleh karena itu, pemilihan takjil yang tepat dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi kita sehari-hari.
Nutrisi yang tepat harus ada dalam takjil ideal untuk berbuka puasa. Protein merupakan salah satu nutrisi penting yang harus dikonsumsi. Tubuh membutuhkan protein untuk membuat sel baru, termasuk sel otot, dan untuk memperbaiki yang lama. Berikut daftar takjil yang tinggi protein untuk membantu sobat Muscle bertahan selama bulan puasa. 

1. Bubur Kacang Hijau

Bubur kacang hijau merupakan sajian takjil bergizi pertama. Folat, seng, potasium, mangan, dan magnesium hanyalah beberapa mineral penting yang ditemukan dalam menu tunggal ini. Satu studi menemukan bahwa kacang hijau sangat penting dalam mencegah kolesterol jahat tubuh teroksidasi, menurut sebuah laporan dalam Journal of Human and Experimental Toxicology. Selain itu, protein dari kacang hijau berfungsi sebagai antioksidan selain sebagai sumber protein. Menurut penelitian yang dipublikasikan di Journal of Chemistry Central, kacang hijau juga memiliki sifat anti inflamasi, anti tumor, dan metabolisme lemak.

2. Kolak

Kolak sepertinya menjadi hidangan yang selalu disajikan saat bulan puasa. Pasalnya, pembuatan jajanan ini sangat sederhana. Ubi jalar, pisang, singkong, biji salak, labu, dan banyak bahan lainnya sudah tersedia. Santan gurih dan kembang gula manis dalam suguhan ini langsung menghilangkan dahaga yang mungkin sobat Muscle alami saat berpuasa. Selain itu, kandungannya kaya akan vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Vitamin A baik untuk kesehatan mata dan ubi jalar merupakan sumber yang baik. Sumber karbohidrat pengganti yang baik bagi penderita diabetes juga bahan ini. Sedangkan untuk sistem imun, asam folat dan vitamin C banyak terdapat pada singkong.

3. Sup Buah

Menu takjil sehat ini pasti sesegar yang dibayangkan. Tak diragukan lagi, es batu dan aneka potongan buah segar bisa langsung menghilangkan dahaga. sobat Muscle hanya boleh menggunakan satu jenis pemanis, seperti sirup atau gula cair, saat membuat es buah; Namun, perhatikan berapa banyak gula yang sobat Muscle konsumsi ya? Madu, jus lemon, dan sedikit susu bisa digabungkan untuk membuat kaldu yang lebih sehat.

4. Smoothie Atau Jus

Alternatif menu takjil yang sehat untuk es buah mungkin termasuk jus atau smoothie. Sebaiknya kurangi gula jika memilih menu jus. Yoghurt rendah lemak menjadi salah satu pilihan menu smoothie yang bergizi. sobat Muscle tidak akan merasa lapar karena smoothie memiliki kalori yang cukup untuk memenuhi kebutuhan kalori harian sobat Muscle.

5. Puding buah

Makanan yang digoreng biasanya wajib dikonsumsi saat berbuka puasa. Makanan ini tidak sehat untuk dimakan tubuh, karena tinggi kalori dan lemak, dua faktor yang berkontribusi terhadap perkembangan penyakit serius seperti diabetes atau hipertensi. Cobalah kurangi konsumsi gorengan sobat Muscle ke depan dan ganti dengan puding buah. Pastikan sobat Muscle tidak menggunakan terlalu banyak gula saat membuat puding. Selain itu, sobat Muscle bisa membuat saus puding dari susu rendah lemak agar lebih sehat.

Pilih takjil yang tepat selama berpuasa. Pro Casein adalah suplemen protein terbaik yang membantu pemulihan dan pertumbuhan otot setelah berolahraga. Dibuat dari bahan berkualitas tinggi dan memberikan keunggulan dalam penyerapan oleh tubuh, Pro Casein membuat sobat Muscle merasa kenyang lebih lama dan membantu mengurangi rasa lapar saat berpuasa. Patuhi pedoman dosis dan jaga pola makan dan gaya hidup sehat untuk hasil terbaik. Tunggu apa lagi? Yuk check out Pro Casein sekarang!

Pro Casein membuat sobat Muscle merasa kenyang lebih lama dan membantu mengurangi rasa lapar saat berpuasa. Patuhi pedoman dosis dan jaga pola makan dan gaya hidup sehat untuk hasil terbaik. Tunggu apa lagi? Yuk check out Pro Casein sekarang!

Fitrah Nur Islamiah Penulis Artikel
Kontak Media Penulis Artikel
Share