Apakah Susu Protein Bisa Bikin Jerawat? | Musclefirst

Apakah Susu Protein Bisa Bikin Jerawat?

Penulis Artikel Fitrah Nur Islamiah
2023-02-21
Apakah Susu Protein Bisa Bikin Jerawat?
#protein

Halo Sobat Muscle! Kali ini mimin bakal bahas pertanyaan yang paling sering ditanyain sama kalian, nih! Punya jerawat itu hal yang wajar, karena jerawat atau acne adalah kondisi kulit di mana folikel rambut tersumbat dengan minyak dan sel kulit mati. Jadi, sebenernya tidak ada hubungan langsung antara jerawat dan asupan protein. Namun, konsumsi protein termasuk salah satu faktor yang dapat mempengaruhi timbulnya jerawat.

Beberapa jenis makanan yang mengandung protein, seperti susu dan produk susu, daging merah, dan produk olahan daging, dikaitkan dengan peningkatan risiko jerawat. Hal ini disebabkan oleh kandungan hormon dalam makanan tersebut, seperti insulin-like growth factor-1 (IGF-1) dan hormon pertumbuhan, yang dapat merangsang produksi minyak oleh kelenjar sebaceous di kulit. Produksi minyak yang berlebihan inilah yang dapat menyumbat folikel rambut dan menyebabkan timbulnya jerawat.

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan yang mengandung gula dan karbohidrat sederhana juga dapat memicu timbulnya jerawat. Gula dan karbohidrat sederhana dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh, dan dapat merangsang produksi hormon yang berkontribusi pada timbulnya jerawat.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua orang merespons makanan yang sama. Beberapa orang mungkin lebih rentan terhadap jerawat akibat konsumsi protein atau makanan tertentu, sedangkan yang lain mungkin tidak.

Oleh karena itu, jika sobat Muscle mengalami jerawat yang berat atau kronis, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui apakah ada faktor makanan tertentu yang perlu dihindari atau modifikasi dalam dietnya. Selain itu, penting untuk menjaga kebersihan kulit dan menghindari faktor lain yang dapat memicu jerawat, seperti stres dan kelembapan kulit yang berlebihan.

Namun untuk mencegah tersumbatnya minyak pada kulit, ada beberapa cara untuk mengurangi masalah tersebut, yaitu : 

  1. Konsumsi susu tinggi protein untuk menunjang program olahraga sobat Muscle tetap boleh, namun sebaiknya pilih susu dengan kandungan karbohidrat yang rendah.
  2. Imbangi konsumsi susu protein dengan lebih banyak mengkonsumsi sayur, buah, dan juga air putih yang cukup.
  3. Bersihkan wajah secara teratur 2 kali dalam sehari dan setiap menjelang tidur. Pilih sabun pembersih anti acne yang ringan disesuaikan dengan tipe kulit sobat Muscle.
  4. Mandi dengan rajin, terutama setelah berkeringat.
  5. Hindari penggunaan produk perawatan kulit sembarangan tanpa arahan dari dokter.
  6. Tidak terlalu sering memegang kulit atau menggosok-gosoknya, terlebih menggunakan tangan yang kotor.
  7. Melindungi kulit supaya tidak terkena langsung sinar matahari dan iritan lainnya.
  8. Jauhi stres.

So, susu protein bukan penyebab terjadinya jerawat, tapi bisa jadi karena hal-hal diatas. Sobat Muscle juga perlu mencari terlebih dahulu, apakah ada riwayat alergi pada kandungan susu proteinnya? Kalian bisa baca-baca lebih banyak melalui artikel-artikel yang akan diupdate setiap harinya di website Muscle First.

Kalau mau beli susu protein berkualitas terbaik, bisa membeli dengan merek Muscle First yang sudah halal, BPOM, HACCP, GMP, ISO, dan Labdoor. Sobat Muscle bisa membeli melalui website musclefirst.co.id, marketplace, atau agen terdekat di daerah kalian. Cek agen terdekat bisa melalui website juga yaa..

Fitrah Nur Islamiah Penulis Artikel
Kontak Media Penulis Artikel
Share