Apakah Boleh Seduh Susu Whey Protein Dengan Air Panas? | Musclefirst

Apakah Boleh Seduh Susu Whey Protein Dengan Air Panas?

Penulis Artikel Fitrah Nur Islamiah
2023-01-24
Apakah Boleh Seduh Susu Whey Protein Dengan Air Panas?
#whey

Sebelumnya mimin sudah pernah membahas apa itu whey dan fungsi whey protein pada artikel sebelumnya. Kini, mimin akan membahas kenapa tidak dianjurkan menyeduh susu dengan air panas? Menurut Dokter Samuel Oetoro, MS, SpGK, Ahli gizi klinik FKUI-RSCM mengatakan bahwa menuangkan air mendidih saat pembuatan susu bisa merusak kandungan protein yang ada di dalam susu. Denaturasi adalah protein yang mengalami perubahan pada stuktur-strukturnya akibat dari suhu panas. Struktur protein yang berubah akan membuat manfaat protein bagi tubuh menyusut dan berkurang.

Susu whey mudah mengalami denaturasi karena tidak stabil oleh suhu panas dan akan menimbulkan lapisan putih yang menggumpal di permukaan susu. Hal tersebut dikarenakan laktosa menjadi pecah dan menghasilkan asam laktat, sehingga menyebabkan pemisahan lemak susu yang mengambang di permukaan berwarna coklat dan membuat susu menjadi kurang stabil karena koagulasi atau penggumpalan.

Menurut penelitian pada Jurnal Biomedis Dan Teknologi Dasar Kesehatan KEMENKES RI, protein tidak akan rusak saat dipanaskan. Karena susu Pro Whey sama seperti realfood, dimana daging ayam yang dimasak proteinnya tetap ada dengan penyusutan protein sebanyak 9,92%. Partikel protein akan terurai seperti yang dilakukan tubuh saat memproses protein. Maka dari itu, sobat Muscle boleh menyeduh susu protein Pro Whey menggunakan air panas, namun agar lebih maksimal tentunya lebih disarankan menggunakan air biasa atau dingin.

Hal Yang Harus Di Perhatikan Tentang Whey Protein

Susu pun harus disimpan dalam wadah yang kedap udara dan tidak lembab supaya tidak mudah terkontaminasi. Selain memperhatikan cara menyeduh dan menyimpan susu, ada baiknya sobat Muscle juga membiasakan untuk meminum susu setiap hari. Karena, meskipun Indonesia memiliki masyarakat yang mayoritas adalah petani dan peternak, namun masih banyak yang belum mengonsumsi susu dengan cukup. Padahal, banyak manfaat susu whey yang terkandung sehingga menyehatkan, seperti kalsium yang baik bagi kesehatan tulang dan darah.

Apalagi memilih susu rendah lemak (low fat) maupun tanpa lemak (zero fat) sangat disarankan bagi orang yang sudah berusia lebih dari 30 tahun dan wanita yang sudah memasuki fase menopause. Namun, apabila sobat Muscle masalah intoleransi laktosa, ada baiknya tidak mengonsumsi susu protein whey yang terbuat dari susu sapi, dan beralih mengonsumsi susu kedelai atau susu almond yang lebih aman bagi penderita intoleransi laktosa. Jika diperlukan, berkonsultasilah kepada dokter agar bisa tetap memenuhi protein dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan tubuh.

Nah, sekarang sobat Muscle sudah mengetahui alasan kenapa Muscle First Pro Whey 100 tidak boleh diseduh dengan air panas. Selanjutnya, sobat Muscle bisa mulai mencari tahu whey protein terbaik dan membeli serta mengonsumsinya. Muscle First adalah brand susu suplemen fitnes yang menawarkan susu whey protein terbaik dengan tetap menjaga kualitas yang terbuat dari bahan baku import luar negeri dan sudah bersertifikat Labdoor, Halal, BPOM, serta bersertifikat internasional. Meskipun begitu, susu Pro Whey M1 juga menawarkan harga terjangkau dikalangan masyarakat Indonesia. Yuk, order Pro Whey 100 sebagai whey protein terbaik dari Muscle First!

Sekarang sobat Muscle sudah mengetahui alasan kenapa Muscle First Pro Whey 100 tidak boleh diseduh dengan air panas. Selanjutnya, sobat Muscle bisa mulai mencari tahu whey protein terbaik dan membeli serta mengonsumsinya. Muscle First adalah brand susu suplemen fitnes yang menawarkan susu whey protein terbaik dengan tetap menjaga kualitas yang terbuat dari bahan baku import luar negeri dan sudah bersertifikat Labdoor, Halal, BPOM, serta bersertifikat internasional. Meskipun begitu, susu Pro Whey M1 juga menawarkan harga terjangkau dikalangan masyarakat Indonesia. Yuk, order Pro Whey 100 sebagai whey protein terbaik dari Muscle First!

Fitrah Nur Islamiah Penulis Artikel
Kontak Media Penulis Artikel
Share