Ingin Jadi Vegan? Hati-Hati Risiko Menjadi Vegan Bagi Kesehatan! | Musclefirst

Ingin Jadi Vegan? Hati-Hati Risiko Menjadi Vegan Bagi Kesehatan!

Penulis Artikel Fitrah Nur Islamiah
2023-01-24
Ingin Jadi Vegan? Hati-Hati Risiko Menjadi Vegan Bagi Kesehatan!
#vegan

Efek jangka panjang dari diet vegan pada kesehatan belum didukung secara memadai, menurut WHO. Ahli gizi masih menyarankan vegan untuk makan makanan lain sebagai pengganti produk hewani untuk mendapatkan nutrisi penting yang mereka butuhkan. Jika sobat Muscle tetap berpegang pada diet vegan, sobat Muscle berisiko kesulitan mendapatkan nutrisi yang sobat Muscle butuhkan, seperti:

  1. Asam lemak omega 3 (EPA dan DHA): Minyak ikan, minyak sayur, minyak argan, minyak canola, dan minyak biji rami adalah beberapa minyak yang kaya akan asam lemak omega 3.

  2. Zat besi: fungsinya adalah untuk mencegah dan mengobati anemia, juga mudah ditemukan pada ikan, kerang, bayam, brokoli, cokelat hitam, kacang-kacangan, daging merah, hati, dan jeroan.

  3. Vitamin B12: adalah vitamin yang membantu produksi sel darah merah yang sehat, meningkatkan fungsi saraf, menghasilkan energi, dan menjaga kulit dan rambut tampak muda, biasanya ditemukan di ikan, daging, telur, susu, dan keju semuanya berasal dari sumber makanan.

  4. Kalsium: Tubuh manusia membutuhkan kalsium untuk berbagai fungsi, termasuk metabolisme, komunikasi sel saraf, fungsi jantung, dan kontraksi otot. Jeruk, alpukat, bayam, kacang kedelai, salmon, sarden, oatmeal, dan susu kedelai.

Risiko masalah kesehatan seperti berikut ini dapat meningkat karena kekurangan nutrisi, antara lain:

  1. Kekurangan kalori: Kelelahan mudah disebabkan oleh kekurangan kalori, bisa kurus atau kurang gizi, dan menurunkan kekebalan.

  2. Anemia: suatu kondisi di mana produksi sel darah merah dalam tubuh menurun atau berada di bawah tingkat normal, hal ini karena kurangnya hemoglobin atau protein kaya zat besi.

  3. Masalah kerontokan rambut: Menurut Dr. Rhianna McClymont, kepala dokter umum di Livi, Inggris, kerontokan rambut adalah tanda Muscle bahwa sobat Muscle mungkin kekurangan vitamin D yang dapat ditemukan pada beberapa jenis makanan laut, jamur maitake, kuning telur, susu kedelai.

  4. Gangguan perkembangan otak.

Semua jenis sayuran harus dikonsumsi setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sobat Muscle jika sobat Muscle ingin mempertahankan nutrisi lengkap saat mengikuti pola makan vegan. Makan sedikit tapi sering, dan pilihlah makanan dengan lemak tak jenuh. Konsultasikan dengan ahli gizi jika sobat Muscle tidak yakin kapan harus memulai diet ini. Sobat Muscle tetap dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian sambil mengikuti pedoman pola makan nabati ini dengan bantuan ahli gizi saat merencanakan rencana makan harian sobat Muscle.

Sementara itu, sobat Muscle bisa menggunakan Pro BCAA dari Muscle First yang merupakan asam amino atau protein sederhana untuk membantu memenuhi kebutuhan protein harian. Selain itu, Muscle First juga punya Pro Creatine yang bisa digunakan para vegan, jika ingin menambah massa otot. Pasalnya creatine biasanya terdapat pada daging merah, unggas, atau seafood. Rasa buah dalam Pro BCAA dan Pro Creatine membuatnya sangat istimewa dan akan membantu sobat Muscle tetap berenergi dan dalam kondisi fisik yang baik.

Sobat Muscle bisa menggunakan Pro BCAA dari Muscle First yang merupakan asam amino atau protein sederhana untuk membantu memenuhi kebutuhan protein harian. Selain itu, Muscle First juga punya Pro Creatine yang bisa digunakan para vegan, jika ingin menambah massa otot. Pasalnya creatine biasanya terdapat pada daging merah, unggas, atau seafood. Rasa buah dalam Pro BCAA dan Pro Creatine membuatnya sangat istimewa dan akan membantu sobat Muscle tetap berenergi dan dalam kondisi fisik yang baik

Fitrah Nur Islamiah Penulis Artikel
Kontak Media Penulis Artikel
Share