Beberapa Jenis Vegan Dan Perbedaan Vegan Dengan Vegetarian | Musclefirst

Beberapa Jenis Vegan Dan Perbedaan Vegan Dengan Vegetarian

Penulis Artikel Fitrah Nur Islamiah
2023-01-25
Beberapa Jenis Vegan Dan Perbedaan Vegan Dengan Vegetarian
#vegan

Pola makan vegan bukan hanya masalah perubahan pola makan, tetapi juga keputusan hidup. Dibutuhkan komitmen dan disiplin untuk fokus pada diet sehat ini. Ada juga banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menjadi vegan, termasuk risiko kekurangan nutrisi utama yang berasal dari sumber makanan hewani. So, baca terus artikel ini untuk penjelasannya, yaa!

Apa Itu Vegan?

Vegan adalah orang yang tidak mengkonsumsi daging hewan dan segala jenis makanan olahan yang berasal dari hewan. Pola makan bebas daging, bebas susu, dan bebas telur juga bisa disebut pola makan vegan. Saat ini, pengertian vegan tidak hanya terbatas pada pola makan yang mendorong sobat Muscle untuk makan lebih banyak buah dan sayur saja. Kalau sobat Muscle seorang vegan juga bisa menerapkannya dengan mengadopsi gaya hidup.

Seorang vegan tidak hanya menghindari sumber makanan hewani, tetapi juga menghindari penggunaan produk seperti pakaian dan kosmetik yang berasal dari hewan. Gaya hidup vegan berarti memperhatikan dampak lingkungan dari produksi bahan makanan dan segala jenis produk hewani. Nah, setelah mengetahui apa itu vegan, selanjutnya mengenai jenis-jenis vegan, yaitu:

Jenis Vegan

Padahal, belum banyak penelitian ilmiah yang memberikan informasi mengenai jenis-jenis diet tersebut. Namun, ada dua jenis vegan yang paling sering diikuti oleh para orang yang vegan, yaitu:

1. Raw Vegan Diet

Pada diet ini, sobat Muscle secara alami mengonsumsi bahan makanan mentah selain daging hewan. Hal ini diyakini dapat menghindari kemungkinan hilangnya nutrisi pada makanan saat dimasak dengan suhu tinggi. Namun, raw food diet dalam diet ini bukan berarti semua jenis makanan dimakan tanpa matang sempurna. Biasanya bahan makanan tersebut masih dimasak, namun hanya pada suhu 40° Celcius.

2. Diet Bebas Gluten Vegan

Pada dasarnya diet bebas gluten adalah diet bebas dari produk yang mengandung gluten. Gluten adalah sejenis protein yang terdapat pada makanan seperti biji-bijian, gandum, sereal dan jelai (barley). Jenis diet banyak dilakukan terutama oleh penderita penyakit celiac. Penyakit celiac terjadi ketika sistem kekebalan menganggap senyawa protein dalam gluten sebagai ancaman. Reaksi ini dapat menyebabkan berbagai gangguan pencernaan.

Apa Perbedaan Vegan Dan Vegetarian?

Pola makan vegan sering dianggap sama dengan pola makan vegetarian, padahal keduanya memiliki perbedaan. Padahal pola makan vegetarian mengacu pada pola makan yang berfokus pada konsumsi makanan dari tumbuhan. Namun, pola makan vegetarian memiliki beberapa jalur dan batasan pola makan yang berbeda tergantung pada jenisnya.

Sementara itu, vegan sendiri bisa digambarkan sebagai tipe vegetarian dengan pantangan yang paling ketat. Seorang vegan juga tidak mengonsumsi makanan olahan atau produk hewani, seperti susu, telur, keju, dan madu. Pola makan ini sebenarnya hanya memperbolehkan konsumsi makanan nabati seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Untuk memenuhi kebutuhan protein harian sobat Muscle dapat menggunakan Muscle First Pro BCAA yang merupakan asam amino atau protein sederhana. Jika sobat Muscle ingin membangun otot melalui creatine yang tersedia dalam daging merah, unggas atau makanan laut sehingga Pro Creatine dari Muscle First tidak bisa dikonsumsi oleh vegan dan hanya bisa dikonsumsi oleh vegetarian. Pro BCAA dan Pro Creatine sangat menyegarkan dengan rasa buah dan akan mendukung sobat Muscle tetap sehat saat menjaga bentuk tubuh.

Untuk memenuhi kebutuhan protein harian sobat Muscle dapat menggunakan Muscle First Pro BCAA yang merupakan asam amino atau protein sederhana. Jika sobat Muscle ingin membangun otot melalui creatine yang tersedia dalam daging merah, unggas atau makanan laut, tenang saja karena Muscle First memiliki Pro Creatine juga yang dapat digunakan oleh para vegetarian dan vegan. Pro BCAA dan Pro Creatine sangat menyegarkan dengan rasa buah dan akan mendukung sobat Muscle tetap sehat saat menjaga bentuk tubuh.

Fitrah Nur Islamiah Penulis Artikel
Kontak Media Penulis Artikel
Share