Mitos Dan Fakta Creatine Yang Bikin Salah Paham! | Musclefirst

Mitos Dan Fakta Creatine Yang Bikin Salah Paham!

Penulis Artikel Fitrah Nur Islamiah
2023-01-25
Mitos Dan Fakta Creatine Yang Bikin Salah Paham!
#creatine

Creatine adalah salah satu suplemen yang paling efektif, aman dan populer di kalangan binaragawan dan atlet pada umumnya. Tentu saja, selain banyak manfaat yang ditawarkan suplemen creatine, banyak juga mitos yang tidak benar dan tidak memiliki dasar ilmiah tentang creatine. Tetapi tetap saja, creatine menjadi salah satu suplemen kesukaan para atlet di samping protein amino dan whey.

Berikut 6 mitos dan fakta nyata tentang suplemen creatine, adalah:

1. Creatine Buruk Untuk Ginjal

Mitos ini tampaknya tidak berdasar dan mungkin didasarkan pada asumsi bahwa kerusakan ginjal disebabkan oleh tingginya kadar kreatinin darah (protein limbah dalam makanan yang dikeluarkan dari darah oleh ginjal). Tapi ada bukti klinis untuk menghilangkan mitos tersebut, kata Poortmans JR, seorang peneliti dari Universitaires De Bruxelles, Belgia, yang memimpin studi bersama rekannya. 

Para peneliti memberikan 20 gram suplemen creatine monohydrate per hari kepada 5 pria sehat selama 5 hari. Hasilnya tentang fakta creatine, para peneliti tidak menemukan perubahan signifikan dalam aktivitas ginjal, kecuali jika sobat Muscle sudah mengalami gagal ginjal sebelum mengonsumsi suplemen creatine, mungkin akan ada efek kecilnya pada kerusakan ginjal.

2. Creatine Menghambat Pertumbuhan Pada Remaja

Creatine adalah biomolekul yang ditemukan dalam tubuh manusia dan berbagai makanan yang mendorong pertumbuhan manusia selama masa remaja dan pertumbuhan otot pada orang dewasa. Jadi faktanya creatine aman untuk semua orang.

3. Creatine Adalah Steroid

Istilah "Kamu tidak tahu, kamu tidak suka" bisa diterapkan pada mereka yang menganggap creatine adalah steroid. Alasannya adalah banyak artikel dan bahkan penelitian tentang creatine mengklaim bahwa creatine adalah asam amino alami yang berperan dalam menambah massa otot dan membangun otot. Suplemen creatine tidak diperlukan karena sudah tersedia dalam makanan.

Faktanya, creatine memang terdapat pada berbagai makanan khususnya daging sapi, namun kandungan creatine pada daging tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan creatine tubuh terutama kebutuhan para atlet binaraga, kecuali jika mereka mengkonsumsi daging sapi dalam jumlah yang banyak sesuai dengan kebutuhan tubuh saat membutuhkan kreatin. Oleh karena itu, para ahli menyarankan untuk mengonsumsi suplemen creatine yang banyak tersedia saat ini untuk memudahkan seseorang memenuhi kebutuhan nutrisi creatine dalam tubuhnya tanpa harus mengkonsumsi daging dalam jumlah banyak.

4. Creatine Membutuhkan Kandungan Gula Yang Tinggi Untuk Diserap

Faktanya, Creatine dapat diserap secara alami oleh tubuh, namun banyak orang mengambil jalan pintas untuk mempercepat penyerapan creatine yang tinggi gula. Bahkan, creatine bisa cepat diserap bila dimediasi oleh insulin (hormon polipeptida yang mengatur metabolisme karbohidrat). 

Namun, untuk mempercepat prosesnya, sobat Muscle membutuhkan sekitar 100 gram karbohidrat sederhana yang sebenarnya tidak baik untuk tubuh. Oleh karena itu, banyak ahli yang menganjurkan untuk menghindari kadar gula yang tinggi saat mengkonsumsi creatine, karena creatine sebenarnya dapat diserap tubuh secara alami dan merupakan pilihan yang baik.

5. Kafein Ganggu Penyerapan Creatine

Faktanya bahwa kafein berperan dalam meningkatkan penyerapan creatine. Namun perlu diperhatikan bahwa kafein memiliki sifat diuretik yang dapat menyebabkan dehidrasi. Proses anabolik creatine adalah menarik air dari otot untuk meningkatkan kadar air otot. Oleh karena itu, tubuh juga membutuhkan kafein untuk membantu penyerapan creatine ke dalam tubuh, agar cairan yang mengandung creatine dalam jumlah besar tidak masuk ke dalam otot.

Itulah beberapa mitos dan fakta tentang creatine yang perlu diketahui agar tidak hanya mempercayai “kata orang” tanpa membuktikannya dalam bentuk ilmiah. Kini, sobat Muscle sudah paham, kan? Creatine adalah suplemen yang tepat untuk meningkatkan massa otot. Bahkan, kalau belum yakin untuk mengonsumsi suplemen creatine. Sobat Muscle tetap bisa mendapatkan senyawa creatine dengan mengonsumsi makanan yang mengandung creatine yang ternyata mudah ditemukan sehari-hari, loh! Salah satu creatine terbaik yang bisa sobat Muscle konsumsi adalah dari brand Muscle First. Pro Creatine memiliki 6 rasa enak yang bisa menemani olahraga tanpa bosen.

Beberapa mitos dan fakta tentang creatine yang perlu diketahui agar tidak hanya mempercayai “kata orang” tanpa membuktikannya dalam bentuk ilmiah. Kini, sobat Muscle sudah paham, kan? Creatine adalah suplemen yang tepat untuk meningkatkan massa otot. Salah satu creatine terbaik yang bisa sobat Muscle konsumsi adalah dari brand Muscle First. Pro Creatine memiliki 6 rasa enak yang bisa menemani olahraga tanpa bosen.

Fitrah Nur Islamiah Penulis Artikel
Kontak Media Penulis Artikel
Share