Mengapa Whey Protein Menghasilkan Busa dan Apakah Itu Aman untuk Dikonsumsi? | Musclefirst

Mengapa Whey Protein Menghasilkan Busa dan Apakah Itu Aman untuk Dikonsumsi?

Penulis Artikel Fitrah Nur Islamiah
2023-06-12
Mengapa Whey Protein Menghasilkan Busa dan Apakah Itu Aman untuk Dikonsumsi?
#whey

Whey protein adalah salah satu suplemen makanan yang populer untuk memenuhi kebutuhan protein harian kita. Terutama bagi mereka yang memiliki tujuan tertentu, seperti menurunkan berat badan atau menambah massa otot tanpa lemak.

Hal menariknya, banyak jenis whey protein menghasilkan busa ketika dikocok dengan kuat menggunakan shaker. Mungkin hal ini membuat beberapa orang was-was apakah busa tersebut aman atau malah berbahaya bagi tubuh.

Artikel ini akan memberikan penjelasan lengkap mengenai whey protein yang berbusa, serta memberikan beberapa tips untuk menguranginya.

Apa itu busa? Busa adalah hasil dari partikel gas yang terperangkap dalam cairan. Akibatnya, gas tersebut keluar dalam bentuk gelembung yang dikenal sebagai busa atau foam.

Busa pada makanan pada dasarnya menunjukkan kualitas fungsional dari protein, baik itu dalam whey protein, telur, atau susu. Semua bahan tersebut akan menghasilkan busa ketika dikocok atau diaduk.

Bukankah sobat Muscle juga melihat busa ketika mengocok telur? Atau ketika mengaduk susu? Itu semua juga menciptakan busa.

Contohnya, ketika sobat Muscle memesan cappuccino di kafe, barista akan menghasilkan banyak uap panas melalui susu untuk menciptakan buih yang indah di atas cappuccino sobat Muscle.

Begitu juga dengan jus, minyak nabati, sirup, dan whey protein yang berbusa. Banyak orang mengeluh ketika mereka mencampur bubuk protein ke dalam shaker, menambahkan air, dan mengocoknya dengan kuat, akhirnya mereka mendapatkan minuman protein yang berbusa, yang sebenarnya tidak diinginkan.

Kenapa whey protein bisa berbusa? Whey protein memiliki sifat unik ketika larut dalam air atau susu. Sifat unik tersebut adalah sifat amfifilik, yang berarti whey protein mengandung ujung hidrofobik dan hidrofilik dalam satu molekul yang sama.

Sifat hidrofilik (mudah mengikat air) membuat whey protein mudah larut ketika dicampur dengan air atau susu. Umumnya, faktor-faktor yang menyebabkan whey protein berbusa adalah pencampuran yang kuat, pengadukan yang cepat, dan komponen aktif permukaan yang mengurangi tegangan permukaan.

Protein adalah rantai panjang asam amino yang terhubung satu sama lain dengan ikatan peptida. Ketika whey protein dilarutkan dalam air dan dikocok kuat dalam shaker, ikatan peptida menjadi lemah dan sebagian protein terlepas, sehingga ujung hidrofobik dan hidrofiliknya terbuka.

Akibatnya, ujung hidrofobik terkena udara sementara ujung hidrofilik tetap berada dalam air. Ini mengakibatkan protein menggumpal dan membentuk struktur yang menahan gelembung udara.

Ketika menggunakan whey protein konsentrat 100% atau whey protein isolate 100% sobat Muscle mungkin lebih sering melihat busa. Hal ini terjadi karena konsentrat whey dan isolat whey tidak mengandung bahan pengisi dan hadir dalam bentuk murni alami, maka mereka cenderung menghasilkan lebih banyak busa. Di sisi lain, whey protein dengan campuran protein lainnya cenderung menghasilkan lebih sedikit busa karena mengandung variasi protein.

Namun, tidak perlu khawatir jika whey protein yang sobat Muscle gunakan berbusa. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Zayas (1997) dalam bukunya yang berjudul "Functionality of Proteins in Food", sifat protein dalam membentuk busa menunjukkan kualitas yang baik dan menandakan bahwa whey protein tersebut memiliki kemurnian yang tinggi.

Maka dari itu, tak usah panik apabila Whey protein berbusa karena sebenarnya tidak menjadi masalah dan berbahaya bagi tubuh. Sebaliknya, itu menunjukkan kualitas protein yang baik dan siap untuk dikonsumsi. Jika sobat Muscle mencari suplemen whey protein yang berkualitas tinggi, Pro Whey dari Muscle First dapat menjadi pilihan yang tepat untuk sobat Muscle.

Pro Whey merupakan produk whey protein yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan protein harian yang aman dan efektif. Formulasi Pro Whey yang berkualitas internasional dengan uji laboratorium Labdoor. Pro Whey memberikan manfaat optimal dalam mencapai tujuan kebugaran sobat Muscle, seperti penurunan berat badan atau pemulihan massa otot rendah lemak dan gula.

Dengan memilih Pro Whey, sobat Muscle memilih suplemen whey protein dengan jenis concentrate yang mengandung 24 gram protein, 140 kalori, 1 gram lemak, 1 gram gula, dan 6 gram BCAA. So, jangan ragu untuk mencoba Pro Whey dan saksikan sendiri manfaat yang luar biasa dari whey terbaik dari Muscle First.

Dapatkan tubuh yang lebih sehat dan fit dengan Pro Whey di marketplace atau agen terdekat dikotamu!

Fitrah Nur Islamiah Penulis Artikel
Kontak Media Penulis Artikel
Share