Bolehkah Mencampur Bubuk Kolagen dengan Susu Protein? | Musclefirst

Bolehkah Mencampur Bubuk Kolagen dengan Susu Protein?

Penulis Artikel Fitrah Nur Islamiah
2023-04-13
kolagen
#collagen

Kolagen memiliki begitu banyak manfaat sehingga layak untuk dimasukkan ke dalam suplemen harian sobat Muscle. Namun, kolagen tidak selalu terasa enak, jadi sobat Muscle mungkin bertanya-tanya apakah sobat Muscle bisa mencampurnya dengan susu untuk menutupi rasanya. Lalu, bolehkah bubuk kolagen dicampur dengan susu? Ya, sobat Muscle bisa mencampur bubuk kolagen dengan susu tanpa mempengaruhi penyerapan kolagen.

Padahal, selain manfaat kolagen itu sendiri, mencampurkan kolagen dengan susu dapat meningkatkan kesehatan tulang, kualitas tidur, dan pertumbuhan otot. Sebelum sobat Muscle mulai mencampurkan kolagen dan susu, penting untuk mengetahui apakah manfaat mencampurkan kolagen dengan susu lebih besar daripada risikonya. Manfaat mencampur bubuk kolagen dengan susu adalah sebagai berikut:

1. Mendukung Kesehatan Tulang

Mencampur kolagen dengan susu bermanfaat karena susu tinggi kalsium, dan baik kalsium maupun kolagen penting untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang. Kalsium dalam susu mendukung kesehatan tulang dengan membantu membangun dan mempertahankan massa tulang, dan dikombinasikan dengan latihan kekuatan dapat mencegah osteoporosis.

Kolagen itu sendiri meningkatkan kesehatan tulang karena merupakan penyusun jaringan tulang, dan penelitian menunjukkan bahwa suplemen kolagen dapat meningkatkan penyerapan kalsium dan meningkatkan kepadatan mineral tulang.

2. Meningkatkan Kandungan Protein

Manfaat lain dari mencampurkan kolagen dengan susu protein adalah meningkatkan jumlah protein yang sobat Muscle konsumsi. Kolagen sendiri merupakan protein yang tidak lengkap, artinya tidak mengandung semua asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk menggunakannya secara efektif sebagai sumber protein.

Namun, dengan mencampurkan kolagen bubuk dengan susu yang memiliki sumber protein lengkap, sobat Muscle dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas protein yang tersedia. Meskipun kombinasi kolagen dan protein susu masih belum cukup untuk dianggap sebagai sumber protein tinggi, ini adalah langkah yang baik.

3. Meningkatkan Rasa

Mixing Collagen powder yang cocok untuk dicampur dengan susu adalah jenis yang larut dalam cairan dingin atau panas dan tidak menggumpal saat dicampur dengan susu. Beberapa merek bubuk kolagen yang umum digunakan dan cocok untuk dicampur dengan susu antara lain bubuk kolagen terhidrolisis yang telah dipecah menjadi molekul yang lebih kecil agar lebih mudah diserap, atau bubuk kolagen yang dibuat dari sumber alami seperti tulang sapi atau tulang ikan.

Tapi, pastikan untuk membaca dan mengikuti petunjuk pada kemasan bubuk kolagen yang sobat Muscle gunakan, karena setiap merek mungkin memiliki dosis dan petunjuk yang berbeda. Pastikan memilih bubuk kolagen yang berkualitas tinggi dan sudah teruji keamanannya. Berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk mencampur bubuk kolagen dengan susu:

  1. Pilih bubuk kolagen sesuai dengan preferensi dan kebutuhan sobat Muscle dan pastikan itu aman dan berkualitas baik.
  2. Siapkan segelas susu dingin atau hangat sesuai selera.
  3. Sobat Muscle dapat menggunakan susu Pro Whey, susu Pro Isolate, susu Pro Casein, atau susu lainnya sesuai dengan preferensi dan kebutuhan pribadi sobat Muscle.
  4. Tuangkan bubuk kolagen ke dalam segelas susu sesuai takaran yang dianjurkan pada kemasannya.
  5. Aduk rata dengan sendok atau pengocok putih telur, pastikan bubuk kolagen tercampur dengan baik ke dalam susu.

Minumlah campuran bubuk kolagen dan susu segera setelah proses pengadukan selesai atau sesuai waktu yang dianjurkan dalam petunjuk penggunaan bubuk kolagen yang sobat Muscle gunakan. Mengikuti langkah-langkah di atas, sobat Muscle dapat mencampurkan bubuk kolagen dengan susu sebagai pemulihan pasca latihan dan bantuan perbaikan otot.

Muscle First, brand suplemen pertama dengan rasa anti mimpi buruk, juga meluncurkan Pro Collafit Collagen Powder yang dibumbui dengan buah mix berry. Jangan khawatir soal rasa karena bubuk kolagen ini bisa sobat Muscle campurkan dengan susu tanpa mengurangi manfaatnya.

Namun, sebelum mengonsumsi suplemen apa pun, termasuk bubuk kolagen, sobat Muscle harus berkonsultasi dengan ahli gizi atau ahli kesehatan untuk memastikannya sesuai dengan kondisi medis sobat Muscle.

Dengan Muscle First Pro Collafit, sobat Muscle dapat menikmati manfaat kolagen dalam rasa mix berry campuran yang lezat, dan mencampurnya dengan susu adalah pilihan tepat untuk kesehatan tulang, protein, dan kenyamanan.

Fitrah Nur Islamiah Penulis Artikel
Kontak Media Penulis Artikel
Share