Mitos Atau Fakta Makan Malam Bisa Bikin Gemuk | Musclefirst

Mitos Atau Fakta Makan Malam Bisa Bikin Gemuk

Penulis Artikel Fitrah Nur Islamiah
2022-10-04
Mitos Atau Fakta Makan Malam Bisa Bikin Gemuk
#whey

Halo sobat Muscle, menjawab pertanyaan kalian yang masih bingung apakah makan malam bisa bikin gemuk? Daripada berbeda pendapat lebih kalian baca sampai selesai, yuk!

Apa yang Terjadi pada Tubuh Jika Makan Malam?

Menurut lansiran situs Health, ketika sobat Muscle makan di malam hari, glikogen yang merupakan cadangan glukosa dalam tubuh akan diubah dan dilepaskan ke aliran darah untuk menjaga kadar gula darah agar tetap normal saat tidur. Glikogen yang diubah menjadi cadangan energi tersimpan dalam tiga tempat, yaitu otot skeletal, liver, dan sel adiposa yang menyimpan energi dalam bentuk otot. Saat glikogen habis, hati akan mengambil alih dan membakar lemak untuk dijadikan energi. 

Nah, proses ini membutuhkan waktu yang lama sekitar 12 jam, sehingga tubuh tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan seluruh proses pembakaran lemak saat tidur. Meskipun tubuh akan membakar lemak untuk menghasilkan energi, namun dampak makan di malam hari apalagi sebelum tidur bisa menyebabkan sobat Muscle rentan mengalami kenaikan berat badan. Hal ini di karenakan, asupan kalori harian yang dikonsumsi menjadi lebih banyak.

Makan Malam Ternyata Gak Bikin Gemuk?

Makan larut malam memang bisa menjadi salah satu cara bikin gemuk. Tapi, makan malam gak selalu membuat naikkan berat badan asalkan sobat Muscle memerhatikan jenis makanan yang dimakan. Jika sobat Muscle mengonsumsi jenis makanan sehat di malam hari maka risiko kenaikan berat badan akan berkurang. Sebaliknya, apabila sobat Muscle mengonsumsi junk food sebelum tidur malam, maka akan rentan mengalami gangguan asam lambung (heartburn), kenaikan berat badan, hingga insomnia.

Sobat Muscle juga harus mengetahui kapan waktu terbaik untuk makan malam yaitu 3 jam sebelum tidur. Namun, apabila merasa sangat lapar di malam hari, sobat Muscle bisa memilih makanan yang mengandung tinggi serat dan protein, tetapi rendah kalori dan lemak, seperti sayur dan buah-buahan. Beberapa studi pun menjelaskan bahwa makan malam dengan asupan yang tepat justru baik untuk kesehatan. Beberapa studi tersebut antara lain:

  1. Studi yang dilakukan pada atlet menunjukkan, makanan ringan tinggi protein pada 30 menit sebelum tidur bisa membantu proses pengeluaran energi. Jika sobat Muscle melakukan cara tersebut maka bisa bermanfaat dalam mempertahankan fungsi normal tubuh saat seseorang beristirahat.

  2. Studi yang dilakukan pada kelompok wanita dengan berat badan overweight hingga obesitas menunjukkan, mengonsumsi makanan ringan rendah lemak, rendah kalori, dan tinggi serat yang bisa didapat dari sereal. Hal tersebut dilakukan setiap sebelum tidur, sehingga nafsu makan di pagi hari akan menurunkan, dan bisa sekaligus menurunkan asupan kalori harian.

  3. Studi pada kelompok overweight lainnya juga menunjukkan, mengonsumsi makanan ringan berprotein tinggi di malam hari bisa menurunkan tekanan darah dan risiko aterosklerosis (pembentukan plak pada pembuluh darah). Hasil ini bisa lebih berpengaruh sambil diimbangi dengan olahraga yang teratur.

Itulah beberapa studi yang telah meneliti mengenai protein. Protein memang sangat bagus untuk membentuk tubuh serta menurunkan berat badan. Nah, mimin punya rekomendasi nih untuk sobat Muscle yang ingin mengonsumsi protein. Sobat Muscle bisa menemukan minuman kaya protein dari Pro Isolate dan Pro Whey susu. Meskipun sobat Muscle bisa mendapatkan protein dari makanan lain, namun tentunya akan membutuhkan effort untuk dicerna atau diserap tubuh dibandingkan protein bubuk yang langsung seduh. 

Tak hanya itu, Muscle First juga menyediakan suplemen susu yang bikin gemuk, loh! Mungkin diantara sobat Muscle ada yang pernah coba dan udah gak asing dengan susu Pro Gainer. Jika sobat Muscle ingin surplus kalori untuk menaikkan berat badan dan gak mau ribet untuk mencari makanan yang membuat gemuk, maka Gold Pro Gainer M1 adalah pilihan yang tepat. Selain itu, sudah banyak testimoni yang berhasil mencapai target body goals-nya dengan produk dari Muscle First. Sobat Muscle juga bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak karena Muscle First sering memberikan diskon harga murah dan bonus lainnya. Cusss, langsung kepoin produk Muscle First!

Protein memang sangat bagus untuk membentuk tubuh serta menurunkan berat badan. Nah, mimin punya rekomendasi nih untuk sobat Muscle yang ingin mengonsumsi protein. Sobat Muscle bisa menemukan minuman kaya protein dari Pro Isolate dan Pro Whey susu. Meskipun sobat Muscle bisa mendapatkan protein dari makanan lain, namun tentunya akan membutuhkan effort untuk dicerna atau diserap tubuh dibandingkan protein bubuk yang langsung seduh. 

Fitrah Nur Islamiah Penulis Artikel
Kontak Media Penulis Artikel
Share