Inilah 5 Kelebihan Vegan Yang Baik Untuk Tubuh? | Musclefirst

Inilah 5 Kelebihan Vegan Yang Baik Untuk Tubuh?

Penulis Artikel Fitrah Nur Islamiah
2023-01-25
Inilah 5 Kelebihan Vegan Yang Baik Untuk Tubuh?
#vegan

Alasan kesehatan jelas menjadi alasan utama seseorang menjadi vegan, mungkin sobat Muscle adalah salah satunya yang memilih menjadi vegan karena alasan itu. Karena semua makanan yang dikonsumsi berasal dari tumbuhan, diet vegan menjadi kaya akan serat, mineral, dan vitamin. 

Tubuh bisa mendapatkan banyak magnesium, asam folat, vitamin C, vitamin E, dan fitokimia lainnya. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa sobat Muscle dapatkan dari mengikuti pola makan vegan :

1. Kaya Nutrisi 

Saat sobat Muscle mengikuti pola makan ini, sumber makanan yang sobat Muscle konsumsi mengandung bahan makanan alami yang memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh. Walaupun sobat Muscle tidak bisa mendapatkan nutrisi tertentu seperti protein hewani, namun sobat Muscle tetap bisa mendapatkan sumber protein nabati sebagai penggantinya.

Sumber makanan alami untuk diet ini pun beragam, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, biji-bijian utuh, dan kacang-kacangan. Dari sumber makanan tersebut, sobat Muscle bisa mendapatkan nutrisi serat, magnesium, vitamin C, A, E, kalium dan asam folat. Sobat Muscle tidak perlu khawatir kekurangan nutrisi selama sobat Muscle cukup mengonsumsi berbagai sumber makanan. 

2. Kurangi Risiko Kanker

Sifat antioksidan dari kandungan makanan nabati yang dimakan para vegan dapat mengurangi risiko kanker. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menunjukkan bahwa karotenoid yang ditemukan pada buah dan sayuran berwarna cerah memiliki sifat antioksidan. Sebagai antioksidan, karotenoid dapat melindungi sel-sel tubuh yang terpapar radikal bebas dari kerusakan.

3. Bantu Menjaga Berat Badan Ideal

Sumber makanan yang dikonsumsi selama menjalani pola makan vegan umumnya rendah kalori dan rendah lemak tak jenuh. Dipercaya dapat membantu menjaga berat badan ideal. Selain itu, kandungan serat yang tinggi dari pola makan nabati juga mendukung metabolisme tubuh. Vegan membuat sobat Muscle merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk ngemil.

4. Kurangi Resiko Diabetes

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengikuti pola makan vegan cenderung memiliki kadar gula darah yang lebih rendah daripada non-vegan. Berkat manfaat tersebut, diet vegan dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Selain itu, diet vegan dapat mencegah masalah berat badan yang berhubungan dengan diabetes yaitu obesitas.

5. Kulit Sehat

Sobat Muscle pasti sering mendengar masalah kulit akibat konsumsi sumber makanan hewani seperti protein hewani dan produk susu sapi. Konsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin akan membuat kulit sobat Muscle lebih ternutrisi dan sehat. Namun, karena pilihan sumber makanan yang terbatas, vegan harus menyiasati pemenuhan nutrisi gizi. Sumber makanan nabati banyak yang mengandung asam lemak omega-3 yang lebih banyak terdapat pada daging hewan. Tapi sobat Muscle bisa menggantinya dengan mengonsumsi chia seed atau kacang-kacangan. 

Sedangkan, untuk dapat memenuhi kebutuhan protein harian, sobat Muscle bisa menggunakan Pro BCAA dari Muscle First yang merupakan asam amino atau protein sederhana. Kalau sobat Muscle ingin meningkatkan massa otot selain dari creatine yang tersedia di daging merah, unggas, atau seafood, ternyata Muscle First juga memiliki Pro Creatine yang bisa digunakan oleh vegan. Pro BCAA dan Pro Creatine sangat unik dengan rasa buah-buahan yang bakal menemanimu saat menjaga bentuk badan secara sehat.

Untuk dapat memenuhi kebutuhan protein harian, sobat Muscle bisa menggunakan Pro BCAA dari Muscle First yang merupakan asam amino atau protein sederhana. Kalau sobat Muscle ingin meningkatkan massa otot selain dari creatine yang tersedia di daging merah, unggas, atau seafood, ternyata Muscle First juga memiliki Pro Creatine yang bisa digunakan oleh vegan. Pro BCAA dan Pro Creatine sangat unik dengan rasa buah-buahan yang bakal menemanimu saat menjaga bentuk badan secara sehat.

Fitrah Nur Islamiah Penulis Artikel
Kontak Media Penulis Artikel
Share