Kapan Waktu Minum Kolagen Dan Dosis Yang Tepat? | Musclefirst

Kapan Waktu Minum Kolagen Dan Dosis Yang Tepat?

Penulis Artikel Fitrah Nur Islamiah
2023-03-16
Kapan Waktu Minum Kolagen Dan Dosis Yang Tepat?
#collagen

Menurut dr. Yohan Samudra, SpGK, AIFO-K., pada usia 20 hingga hingga 30 tahun tubuh memiliki kadar kolagen tertinggi. Tanda-tanda penuaan dini, seperti munculnya kerutan pada kulit, bintik hitam, hilangnya elastisitas pada kulit, rambut rontok, dan lain-lain mulai dirasakan.

Hal tersebut bisa disebabkan oleh hilangnya kolagen pada tubuh yang berkurang 1,5% setiap tahunnya akibat penambahan usia, tingkat stres tinggi, kesibukan dalam bekerja, begadang atau kurang tidur, hingga pola makan tidak seimbang. Bahkan, kekurangan kolagen pada tubuh bisa mempengaruhi kekuatan tulang, persendian, dan lainnya.

Kekurangan kolagen dipengaruhi faktor seperti pola makan, merokok, mengonsumsi alkohol, dan paparan sinar matahari juga. Hal ini tentu bisa dicegah melalui perawatan ekstra kepada tubuh seiring bertambahnya usia, misalnya seperti menggunakan skincare untuk merawat kulit.

Namun, perawatan luar saja tidak akan cukup apabila perawatan didalam tubuh kurang dirawat juga. Seiring bertambahnya usia, maka produksi kolagen alami pada tubuh akan berkurang juga. Pemenuhan kebutuhan kolagen bisa semakin meningkat agar tubuh tetap bisa menjaga elastisitas kulit, metabolisme, serta kesehatan sendi.

Salah satu cara, dengan melakukan perawatan dari dalam dengan cara mengonsumsi suplemen kolagen untuk menjaga dan meningkatkan jumlah kolagen pada tubuh. Kolagen sendiri memiliki peran besar di dalam tubuh. Di antaranya, membantu membentuk struktur kulit, tulang rawan, dan sebagainya. Sehingga, manfaat minuman kolagen yang ditawarkan salah satunya adalah menghambat penuaan dini.

Berapa dosis yang dibutuhkan untuk mendapatkan khasiat dari kolagen? Tidak ada dosis resmi yang ditetapkan untuk asupan kolagen, karena kolagen bukanlah nutrisi esensial yang dibutuhkan tubuh untuk bertahan hidup. Meskipun demikian, beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi 2,5 hingga 15 gram kolagen per hari selama 8 hingga 12 minggu dapat memberikan banyak manfaat kesehatan.

Nah, kalau begitu kapan waktu minum yang tepat? Ada banyak klaim di luar sana tentang waktu terbaik untuk mengonsumsi kolagen, baik itu pagi, sore hari, atau malam sebelum tidur. Jika memilih pagi hari untuk meminumnya, maka akan dicerna saat perut belum banyak mengonsumsi makanan, dengan begitu diserap lebih cepat. Beberapa orang yang memilih menggunakan minuman kolagen sebagai pendamping camilan agar menjaga tetap kenyang.

Terakhir, memilih konsumsi minuman kolagen di malam hari akan optimal membantu proses pemulihan tubuh sobat Muscle saat berada tidur. Nah, setelah mengetahui itu, sobat Muscle bisa menentukan waktu yang pas untuk menjadikannya bagian dari rutinitas. Karena suplemen apa pun bekerja paling baik saat sobat Muscle benar-benar meminumnya sesuai dengan dosis yang ada pada kemasan atau dokter.

Jadi, itulah beberapa informasi tentang kolagen dan manfaatnya untuk kesehatan kulit, tulang, dan sendi kita. Jika sobat Muscle ingin mendapatkan manfaat optimal dari kolagen, sobat Muscle bisa mencoba mengonsumsi suplemen seperti Pro Collafit dari Muscle First. Produk Pro Collafit mengandung bahan-bahan alami yang diklaim bisa membantu memelihara kesehatan tulang, sendi, dan kulit sobat Muscle.

Jangan lupa untuk mengikuti petunjuk penggunaan dan konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsi suplemen apa pun. Terus jaga kesehatan sobat Muscle ya!

Fitrah Nur Islamiah Penulis Artikel
Kontak Media Penulis Artikel
Share