Berapa Kalori yang Bisa Terbakar dengan Olahraga Jumping Jacks? | Musclefirst

Berapa Kalori yang Bisa Terbakar dengan Olahraga Jumping Jacks?

Penulis Artikel Fitrah Nur Islamiah
2023-07-16
Berapa Kalori yang Bisa Terbakar dengan Olahraga Jumping Jacks?
#workout

Jumping jacks adalah latihan yang super keren dan populer! Yang terbaik dari semua itu, sobat Muscle bisa melakukannya di mana saja, bahkan di kamar sobat Muscle sendiri.

Bahkan dengan gerakan yang sederhana, jumping jacks dapat melatih paru-paru, jantung, dan juga otot tubuh secara keseluruhan. Jadi, sambil bermain-main dengan jumping jacks, sobat Muscle juga bisa membakar kalori berlebih untuk mendukung penurunan berat badan yang sehat. Mantap, kan?

Latihan pliometrik seperti jumping jacks bertujuan untuk membantu sobat Muscle berlari lebih cepat dan melompat lebih tinggi. Dasarnya adalah meregangkan otot dengan cepat (fase eksentrik) dan memperpendeknya dengan cepat pula (fase konsentris). Selain jumping jacks, ada juga gerakan-gerakan pliometrik lain yang bisa sobat Muscle coba seperti burpee, squat jumps, box jumps, dan lunge jumps.

Nah, jumping jacks ini juga bisa jadi alternatif seru untuk meningkatkan kemampuan sobat Muscle di atas treadmill atau sepeda stasioner. Selain itu, semua latihan pliometrik ini bisa meningkatkan detak jantung sobat Muscle, tetapi jumping jacks memiliki keuntungan ekstra karena membuat tubuh sobat Muscle bergerak di luar batas gerakan normal. Dengan membebani otot, gerakan sobat Muscle akan semakin kuat, lincah, dan siap untuk melakukan aktivitas olahraga yang melibatkan gerakan dalam berbagai arah.

Lebih seru lagi, jumping jacks juga memberikan manfaat yang luar biasa bagi tulang sobat Muscle. Lakukan latihan secara teratur, termasuk jumping jacks, memiliki manfaat yang banyak, seperti membantu manajemen berat badan, menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL), meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Sobat Muscle pasti ingin tahu berapa banyak kalori yang bisa terbakar dengan melakukan jumping jacks, kan? Nah, menurut Healthline, seseorang dengan berat sekitar 75 kg yang melakukannya selama 2 menit dalam 1 sesi (sekitar 100 pengulangan) bisa membakar sekitar 19 kalori. Jika sobat Muscle melakukannya selama total 10 menit dalam sehari dengan jeda-jeda waktu, sobat Muscle bisa membakar sekitar 94 kalori. Keren, kan?

Dengan rutinitas latihan yang intens seperti itu, detak jantung sobat Muscle akan semakin meningkat, sehingga membantu membakar lebih banyak kalori dan membantu sobat Muscle menghilangkan lemak tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari jumping jacks, pastikan sobat Muscle melakukan gerakan ini dengan benar. Berdiri dengan sikap tubuh yang tegak, kaki rapat, dan lengan tergantung di samping tubuh. Tekuk lutut sedikit dan lompat ke udara. Saat melompat, lebarkan kaki selebar bahu dan regangkan tangan ke atas kepala. Setelah itu, kembali ke posisi semula dan ulangi gerakan tersebut beberapa kali.

Namun, perlu diingat bahwa jumping jacks dan latihan pliometrik lainnya memiliki risiko cedera, terutama pada sendi bagian bawah seperti lutut dan pergelangan kaki. Risikonya bisa lebih tinggi jika sobat Muscle belum memiliki kekuatan dasar dan tidak dalam kondisi yang cukup baik. Jika sobat Muscle memiliki masalah dengan sendi, cedera otot, atau masalah kesehatan lainnya, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mulai melakukan latihan ini.

Meskipun ada resikonya, secara umum, jumping jacks aman dilakukan oleh semua kelompok usia, termasuk anak-anak, remaja, dan atlet yang lebih tua. Bagi ibu hamil, pastikan untuk berbicara dengan dokter kandungan mengenai jenis olahraga yang aman dilakukan selama setiap trimester kehamilan sobat Muscle.

Untuk menjaga keamanan saat melakukan jumping jacks, luangkan waktu untuk pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah latihan. Coba lakukan latihan ini di permukaan yang lembut dan rata seperti rumput atau permukaan yang dapat menyerap benturan lebih baik daripada aspal atau semen. Lebih penting lagi, dengarkan tubuh sobat Muscle dan beristirahat jika sobat Muscle merasa sakit atau tidak nyaman.

Selain itu dalam menjalankan latihan jumping jacks, sobat Muscle dapat meningkatkan kinerja dan kebugaran tubuh dengan dukungan dari produk suplemen susu protein. Salah satunya Pro Isolate dari Muscle First. Pro Isolate bisa menjadi pilihan terbaik bagi sobat Muscle yang menginginkan asupan protein rendah kalori dan tanpa lemak. 

Pro Isolate juga memiliki kandungan BCAA (Branched-Chain Amino Acids) yang tinggi, Pro Isolate bisa membantu mempercepat pemulihan otot setelah latihan, sehingga dapat meraih hasil yang optimal dari setiap sesi latihan jumping jacks. Nah, dengan mengikuti tips-tips tersebut, sobat Muscle dapat melompat-lompat dengan aman dan memaksimalkan manfaat dari jumping jacks.

Pro Isolate dari Muscle First bisa sobat Muscle dapatkan melalui agen resmi atau marketplace Muscle First official. Yuk, mari kita melompat bersama-sama!

Fitrah Nur Islamiah Penulis Artikel
Kontak Media Penulis Artikel
Share