Inilah Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi Dan Mudah Ditemukan! | Musclefirst

Inilah Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi Dan Mudah Ditemukan!

Penulis Artikel Fitrah Nur Islamiah
2023-02-09
Inilah Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi Dan Mudah Ditemukan!
#protein

Makanan yang mengandung protein tinggi sangat penting bagi tubuh, bahkan tidak hanya saat sedang berolahraga saja, loh! Sobat Muscle harus mengonsumsi berbagai jenis makanan yang kaya akan nutrisi untuk proses metabolisme tubuh sobat Muscle. Metabolisme tubuh adalah prosedur yang terjadi di dalam tubuh untuk mengubah makanan dan cairan menjadi energi yang dapat digunakan tubuh. Makanan yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh salah satunya adalah protein dan kalori.


Makanan dengan nutrisi tersebut dibutuhkan untuk menjaga kesehatan fisik, mengontrol hal-hal seperti berat badan, dan tingkat energi. Faktor yang sangat berdampak pada tingkat metabolisme seseorang, yaitu genetika, usia, jenis kelamin, pola makan, dan tingkat aktivitas fisik. Apalagi jika sobat Muscle sedang menjalani program diet dan memiliki menu makanan yang khusus. Yuk baca sampai selesai untuk mengetahui beberapa makanan yang mengandung protein tinggi dan mudah ditemukan sehari-hari, diantaranya:

1. Dada Ayam

Tidak dapat disangkal bahwa dada ayam memiliki kandungan protein yang tinggi dan sering menjadi pilihan makanan para body builder. Menurut United States Department of Agriculture (USDA) pada 100 gram dada ayam mengandung 31 gram protein dan 165 kalori. Selain protein, dada ayam tanpa kulit juga mengandung vitamin B3 (niacin), vitamin B6, vitamin B12 dan selenium yang semuanya merupakan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Dibandingkan daging sapi bahkan dada ayam jauh lebih murah sehingga menjadi nilai tambah lainnya. 

2. Daging Sapi

Daging sapi tanpa lemak bagian sirloin dan panggul merupakan sumber protein yang tinggi. Meski masih ada sedikit lemak, namun kandungan proteinnya tidak perlu diragukan lagi. Menurut United States Department of Agriculture (USDA) pada 100 gram daging sapi mengandung 26 gram protein dan 250 kalori.

Ada lebih banyak nutrisi dari sekedar protein didalam daging sapi bebas lemak ini, tapi juga ada zat besi, selenium, dan vitamin B12. Zat besi dan vitamin B12 sangat penting untuk pertumbuhan sel dan produksi darah. Mineral yang disebut selenium sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh, metabolisme, dan reproduksi.

3. Tuna 

Ikan tuna merupakan salah satu jenis ikan yang mengandung omega-3 asam lemak, protein, dan vitamin D. Menurut United States Department of Agriculture (USDA) pada 100 gram ikan tuna mengandung 28 gram protein dan 132 kalori. Selain itu, tuna mengandung komponen penting lainnya seperti vitamin B12, niacin, dan vitamin D, serta mineral seperti selenium, magnesium dan potasium. Vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang dan fungsi imunitas.

Namun, ikan tuna, swordfish, mackerel king dan tilefish cenderung mengandung kadar mercury yang cukup tinggi karena tinggal pada perairan yang tercemar oleh aktivitas industri. Mercury dapat merusak sistem saraf dan organ lainnya jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Sebaiknya mengonsumsi ikan tuna yang telah dimasak matang, dan masih muda sehingga kandungan mercury lebih rendah.

4. Kacang Kedelai 

Makanan yang mengandung protein utuh adalah kacang kedelai, dimana didalamnya ada sembilan jenis asam amino esensial. Menurut United States Department of Agriculture (USDA) pada 36 gram kacang kedelai mengandung 26 gram protein dan 446 kalori. Kedelai sendiri adalah pilihan yang cocok untuk camilan apalagi banyaknya kedelai dengan varietas yang bisa dikonsumsi. Makanan lain yang terbuat dari kacang kedelai yang tinggi protein antara lain tahu dan tempe.

Menurut United States Department of Agriculture (USDA) dalam 100 gram tempe mengandung 19 gram protein dan 193 kalori. Tempe juga mengandung vitamin B12, vitamin B2, vitamin B3 (niacin), dan vitamin B6, serta mineral seperti mangan, seng, dan tembaga. Vitamin B2 dan B3 sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit, saraf, dan sistem pencernaan. Selain itu, mangan yang membantu pembentukan tulang, seng yang membantu dalam pembentukan darah dan dalam proses metabolisme, tembaga yang membantu dalam proses pembentukan darah.

5. Udang 

Udang yang terkenal sangat lezat merupakan salah satu contoh makanan yang mengandung protein tinggi. Menurut United States Department of Agriculture (USDA) pada 100 gram udang mengandung 24 gram protein dan 99 kalori. Meski memiliki sedikit kalori, udang merupakan makanan kaya nutrisi seperti vitamin B12, selenium, dan fosfor yang sangat penting untuk pembentukan tulang dan gigi. Selenium adalah mineral yang penting untuk sistem kekebalan tubuh, metabolisme dan reproduksi.

6. Ikan Salmon 

Ikan salmon terkenal memiliki kandungan protein yang tinggi, sehingga mengonsumsi ikan salmon akan menjadi cara yang bagus untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh sobat Muscle. Menurut United States Department of Agriculture (USDA) pada 100 gram salmon mengandung 20 gram protein dan 208 kalori. Salmon juga mengandung vitamin D, vitamin B12, vitamin B6, vitamin B3 (niacin), dan vitamin B6 yang sangat penting untuk metabolisme. Selain itu juga mengandung mineral seperti selenium, fosfor, kalsium, dan seng.

7. Biji Labu 

Terlepas dari kenyataan bahwa kita tidak sering melihat jenis makanan ini, tapi ternyata banyak orang makan biji labu untuk mendapatkan protein yang dikandungnya dengan berbagai cara menikmati seperti menjadi topping salad, panggang atau dijadikan kuaci. . Menurut United States Department of Agriculture (USDA) pada 100 gram biji labu mengandung 19 gram protein dan 446 kalori. 

Biji labu juga mengandung vitamin B9 (asam folat), vitamin K, vitamin E, vitamin A serta mineral seperti seng, kalsium, magnesium, dan fosfor. Vitamin B9 sangat penting untuk pertumbuhan sel dan pembentukan darah, vitamin E sangat penting untuk melindungi sel dari kerusakan, dan vitamin A sangat penting untuk kesehatan mata dan kulit. 

8. Telur 

Telur adalah makanan yang mengandung protein sehingga tak heran bila menjadi yang pertama terlintas dalam pikiran karena mudah ditemukan di kehidupan sehari-hari, karena telur cukup tinggi protein, dan mudah diserap oleh tubuh. Menurut United States Department of Agriculture (USDA) pada 100 gram telur terdapat kandungan protein sebanyak 13 gram atau 155 kalori, sedangkan untuk 1 butirnya 6-7 gram protein atau 78 kalori. Telur juga mengandung vitamin D, vitamin B12, vitamin B2 (riboflavin), vitamin B6, dan vitamin B5 (asam pantotenat), serta selenium, seng, dan fosfor.

9. Edamame

Edamame adalah biji-bijian dari kacang-kacangan yang digunakan dalam masakan Asia. Edamame salah satu yang paling sering disarankan untuk kombinasi makanan diet karena protein yang tinggi, serat, dan nutrisi penting lainnya. Menurut United States Department of Agriculture (USDA) pada 100 gram edamame mengandung 11 gram protein dan 122 kalori. Edamame juga mengandung vitamin K, vitamin C, vitamin B9 (asam folat), vitamin B6, vitamin B1, dan vitamin B2. Vitamin K sangat penting untuk pembekuan darah, vitamin C yang penting untuk sistem kekebalan tubuh dan pembentukan kolagen.

10. Olahan Susu

Kandungan protein pada susu relatif tinggi sehingga susu maupun hasil olahannya sangat baik untuk kesehatan dan membantu memperkuat tulang. Misalnya saja seperti keju dan yogurt yang merupakan makanan olahan dari susu, ini dikenal sangat baik untuk pencernaan. Menurut United States Department of Agriculture (USDA) pada 100 gram yogurt mengandung 10 gram protein dan 59 kalori. Sedangkan, dalam 100 gram keju cottage mengandung 11 gram protein dan 98 kalori. Yogurt mengandung mikronutrien seperti vitamin B2 (riboflavin) dan vitamin B12. Selain itu juga mengandung mineral seperti kalsium, fosfor, dan seng. Keju cottage juga mengandung vitamin B12, vitamin A dan beberapa mineral seperti fosfor, seng, dan kalsium.


10. Pro Isolate

Atlet, binaragawan, atau orang yang sedang diet pasti sudah tidak asing dengan susu whey protein isolate. Hal ini karena penyerapan protein yang cepat sehingga cukup populer untuk memenuhi kebutuhan protein harian. Apalagi Pro Isolate dari Muscle First mengandung 27 gram protein, 140 kalori, 7 gram BCAA, dan tanpa lemak! Pro Isolate juga akan membantu sobat Muscle memenuhi kebutuhan protein saat beraktivitas lebih, dan mendukung program defisit kalori dengan kalori yang rendah tersebut. Ada beberapa rasa Pro Isolate untuk bisa sobat Muscle nikmati, seperti chocolate soul, banana coffee, strawberry parfait, taro velvet, dan honey banana.

11. Pro Gainer

Kalau sobat Muscle mencari yang memiliki manfaat untuk menaikkan berat badan namun tetap rendah lemak, maka susu Pro Gainer adalah solusinya. Pro Gainer dari Muscle First bisa membantu sobat Muscle untuk memenuhi nutrisi dengan 55 gram protein, 1030 kalori, dan 160 gram karbohidrat. Kalori dan protein yang tinggi tersebut sangat dibutuhkan saat sedang program bulking, dimana sobat Muscle diharuskan melakukan surplus kalori. Rasa Pro Gainer juga memiliki banyak variasi yang bisa dipilih, diantara lain honeydew melon, glame chocolate, chocolate mint, vanilla popcorn, dan caramel fusion.

Nah, itulah makanan yang mengandung protein tinggi dan mudah sobat Muscle temukan dipasar sehari-hari untuk menambahkan dalam bahan makanan yang sobat Muscle konsumsi. Susu suplemen juga bisa menjadi alternatif bagi sobat Muscle yang tidak mempunyai waktu memasak, karena cukup dengan diseduh air saja Pro Isolate dan Pro Gainer sudah memiliki protein serta mikronutrien yang penting namun seringkali kurang sobat Muscle perhatikan. Apabila sobat Muscle mau membeli suplemen dari Muscle First, silahkan kunjungi marketplace atau agen yang sudah tersebar diseluruh Indonesia.

Fitrah Nur Islamiah Penulis Artikel
Kontak Media Penulis Artikel
Share