Inilah 5 Penyebab Badan Terasa Gatal setelah Olahraga! | Musclefirst

Inilah 5 Penyebab Badan Terasa Gatal setelah Olahraga!

Penulis Artikel Fitrah Nur Islamiah
2023-09-22
Inilah 5 Penyebab Badan Terasa Gatal setelah Olahraga!
#information

Halo sobat Muscle! Pernah nggak nih, setelah selesai olahraga, badan rasanya gatel-gatel? Tenang aja, itu sebenarnya hal yang lumrah dan banyak dari kita juga pernah mengalaminya.

Ada penjelasan ilmiah yang bisa kita bahas mengenai kenapa badan jadi gatel setelah olahraga. Nah, yang paling utama, ini dia lima penyebab utamanya:

1. Sirkulasi Darah Meningkat

Jadi begini, saat kita olahraga, jantung kita bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh guna menyuplai oksigen dan nutrisi yang diperlukan oleh otot kita. Nah, ini bisa menyebabkan peningkatan aliran darah dan perubahan suhu yang bikin beberapa orang merasa gatal di tubuh mereka.

2. Reaksi Alergi

Beberapa orang mungkin punya reaksi alergi terhadap beberapa faktor yang terlibat dalam aktivitas fisik, seperti keringat, pakaian olahraga, atau bahan kimia pada produk perawatan kulit yang mereka gunakan sebelum berolahraga. Reaksi alergi ini bisa melepaskan histamin yang membantu sistem kekebalan tubuh kita melawan infeksi. Histamin ini bisa membuat pembuluh darah melebar sehingga kita merasa gatal ketika berolahraga.

3. Keringat dan Garam

Saat kita berolahraga, tubuh kita menghasilkan lebih banyak keringat untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil. Nah, keringat ini mengandung garam dan elektrolit lain yang bisa mengiritasi kulit jika tidak dibersihkan dengan baik. Garam yang masih menempel di kulit bisa hilang secara alami ketika keringat mengering, dan proses ini bisa membuat kulit terasa gatal.

4. Tekanan dan Gesekan

Selama olahraga tertentu, seperti lari atau bersepeda, kulit kita bisa mengalami gesekan dan tekanan yang berulang dari pakaian atau alat olahraga. Hal ini bisa menyebabkan iritasi kulit dan sensasi gatal. Jadi, pastikan kita menggunakan pakaian olahraga yang pas dan nyaman atau mencoba krim anti-gesek untuk mengurangi risiko iritasi.

5. Dehidrasi

Waktu kita berolahraga, kita ngebuang cairan tubuh lewat keringet. Nah, kalo kita dehidrasi, itu bisa nyebabin kulit kita jadi kering dan lebih gampang iritasi serta bikin gatal-gatal. Penting banget untuk memastikan kita tetap terhidrasi dengan baik sebelum, selama, dan setelah olahraga.

Secara keseluruhan, sensasi gatal setelah olahraga adalah hal yang biasa dan bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Untuk mengurangi rasa gatal tersebut, pastikan kita mendapatkan asupan protein yang cukup dalam diet sehari-hari. 

Suplemen protein bisa membantu tubuh kita pulih lebih cepat setelah olahraga dengan menyediakan nutrisi yang diperlukan secara efisien. Ini dapat membantu mengurangi risiko iritasi kulit dan sensasi gatal yang mungkin terjadi selama proses pemulihan.

Pilihan yang baik bisa menggunakan suplemen protein isolate yang mengandung protein murni tanpa banyak tambahan lainnya. Biasanya, protein isolate memiliki sedikit atau bahkan tidak ada lemak, karbohidrat, atau laktosa, sehingga cocok bagi mereka yang memiliki intoleransi makanan tertentu atau ingin mengendalikan asupan kalori.

Protein Pro Isolate dari Muscle First bisa menjadi pilihan yang baik jika kita ingin meningkatkan asupan protein dengan cepat dan efisien, terutama setelah berolahraga untuk mendukung pemulihan otot.

Namun, selalu gunakan suplemen dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing, ya!

Fitrah Nur Islamiah Penulis Artikel
Kontak Media Penulis Artikel
Share