Hati-Hati Kalau Mengalami Keringat Berlebihan Saat Berolahraga! | Musclefirst

Hati-Hati Kalau Mengalami Keringat Berlebihan Saat Berolahraga!

Penulis Artikel Fitrah Nur Islamiah
2023-05-14
Hati-Hati Kalau Mengalami Keringat Berlebihan Saat Berolahraga!
#whey

Keringat yang berhubungan dengan olahraga adalah kejadian umum. Bagian dari respon alami tubuh untuk menjaga suhu tubuh saat berolahraga adalah cairan yang keluar dari kelenjar keringat kulit. Namun terkadang, sebagian orang mengakui bahwa jumlah keringat yang dikeluarkannya berlebihan, bahkan mengucur setelah berolahraga. 

Olahraga membutuhkan keringat karena membantu tubuh menjadi dingin selama proses pendinginan. Beberapa orang merasakan keuntungan karena merasa lebih ringan dan bugar setelah keringat keluar dari tubuh. Namun, yang lain mengakui bahwa mereka tidak nyaman karena keringat mereka terlalu banyak dan terlalu banyak. 

Mereka sering merasa malu, terutama saat berolahraga di depan umum. Dalam hal ini, ada sejumlah faktor yang menyebabkan keringat berlebih, dan gangguan medis tidak selalu menjadi akar penyebabnya. Berikut penyebab keringat berlebih saat olahraga dilansir laman Insider. 

1. Pakaian Yang Terlalu Ketat 

Pakaian yang sobat Muscle pilih dapat memengaruhi seberapa banyak keringat yang sobat Muscle hasilkan saat berolahraga. Lebih mudah daripada pakaian longgar, panas tubuh akan terperangkap dalam pakaian ketat, menyebabkan keringat berlebih. Pakaian ketat ini dapat membatasi aliran udara dan memerangkap panas tubuh. Karena kondisi ini, tubuh menjadi lebih hangat saat berolahraga dan mulai berkeringat secara berlebihan. Kenakan pakaian yang nyaman dan sedikit longgar, seperti katun atau linen, untuk menghindari keringat berlebih saat berolahraga.

2. Makan Sebelum Berolahraga 

Makan sebelum berolahraga juga bisa menyebabkan terjadinya keringat berlebih. Sistem pencernaan mungkin harus bekerja lebih keras jika kita makan banyak makanan, yang dapat menaikkan suhu tubuh kita dan menyebabkan kita lebih banyak berkeringat saat pertandingan dimulai. Padahal makan sebelum berolahraga itu penting, setidaknya kita harus menunggu dua jam sebelum melakukan aktivitas fisik ringan hingga sedang. Kemudian, pastikan jumlah makanan yang dikonsumsi tidak melebihi jumlah yang dianjurkan, atau sebaiknya dalam porsi kecil namun dengan gizi seimbang.

3. Faktor-Faktor Yang Bersifat Biologis 

Beberapa aspek biologis dapat menyebabkan peningkatan keringat. Karakteristik biologis seseorang, seperti berat badan, tingkat kebugaran, dan massa otot, juga dapat memengaruhi seberapa banyak mereka berkeringat saat melakukan aktivitas fisik. Karena mereka menghasilkan lebih banyak panas saat bergerak, orang yang lebih berat biasanya lebih banyak berkeringat. Tubuh bereaksi terhadap suhu dingin dengan berkeringat karena tubuh yang lebih besar memiliki permukaan yang lebih luas.

4. Hiperhidrosis

Kondisi medis yang disebut hiperhidrosis adalah faktor lain yang dapat menyebabkan keringat berlebih saat berolahraga. Kelenjar keringat menjadi terlalu aktif pada hiperhidrosis, menghasilkan lebih banyak keringat daripada yang diperlukan untuk mengontrol suhu tubuh. 

Tentunya masih banyak penyebab lainnya yang dapat menyebabkan keringat berlebih. Meskipun begitu, keringat adalah respon alami tubuh untuk menjaga suhu tubuh agar tetap stabil. Saat tubuh melakukan aktivitas fisik atau dalam kondisi lingkungan yang panas, suhu tubuh dapat meningkat, dan kulit mulai mengeluarkan keringat untuk membantu menyeimbangkan suhu tubuh. 

Selain itu, keringat juga dapat dikeluarkan sebagai respon tubuh terhadap stres atau emosi, sebagai mekanisme pertahanan dari tubuh terhadap infeksi dan penyakit, serta sebagai respons terhadap konsumsi makanan pedas atau minuman beralkohol. Namun, jika jumlah keringat yang dikeluarkan terlalu banyak, itu dapat menjadi tanda adanya masalah kesehatan seperti hiperhidrosis atau dehidrasi. 

By the way, dalam mengatasi kebutuhan protein setelah berolahraga, Pro Isolate dapat menjadi pilihan yang tepat. Dengan keunggulan sebagai suplemen susu protein dengan kandungan protein yang tinggi dan mudah dicerna, Pro Isolate dapat membantu mempercepat pemulihan otot dan membangun massa otot yang lebih baik setelah berolahraga. 

Selain itu, dengan variasi rasa strawberry, chocolate, banana, taro, dan banoffee yang mudah larut, Pro Isolate dapat menjadi pilihan yang nyaman dan praktis untuk dikonsumsi setelah berolahraga atau sebagai bagian dari diet sehat sobat Muscle.

Dengan menggunakan Pro Isolate, sobat Muscle dapat merasa lebih percaya diri dalam mencapai tujuan kebugaran dan kesehatan sobat Muscle.

Fitrah Nur Islamiah Penulis Artikel
Kontak Media Penulis Artikel
Share