Inilah 5 Fungsi Protein Yang Penting Bagi Tubuh! | Musclefirst

Inilah 5 Fungsi Protein Yang Penting Bagi Tubuh!

Penulis Artikel Fitrah Nur Islamiah
2023-01-09
Inilah 5 Fungsi Protein Yang Penting Bagi Tubuh!

Fungsi protein sebagai sumber energi¸ membentuk berbagai enzim dan hormon, hingga mendukung sistem kekebalan tubuh. Selain Lemak dan karbohidrat, protein merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar sehingga harus dilengkapi kebutuhan hariannya. Ketika sobat Muscle mengonsumsi makanan yang mengandung protein, maka protein pada sistem pencernaan akan dipecah menjadi asam amino yang dibutuhkan oleh seluruh bagian tubuh.

Meskipun sebagian asam amino dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, namun sebagian lain lebih banyak diperoleh melalui makanan. Oleh karena itu, tubuh perlu tambahan protein dari makanan yang sobat Muscle konsumsi agar fungsi protein dalam tubuh dapat berjalan secara optimal. Berbagai fungsi protein bagi tubuh, antara lain:

1. Sumber Energi

Fungsi protein bagi tubuh adalah sebagai salah satu sumber energi yang penting bagi tubuh, selain lemak dan karbohidrat. Karbohidrat dan protein mengandung 4 kalori per gram-nya, sedangkan lemak bisa memasok energi lebih banyak, yakni 9 kalori/gram. Ketika sobat Muscle beraktivitas, tubuh akan menggunakan energi yang berasal dari karbohidrat dan lemak terlebih dahulu. Sementara itu, energi dari protein yang disimpan sebagai cadangan akan digunakan ketika tubuh benar-benar membutuhkannya, misalnya saat sobat Muscle berpuasa selama 18–48 jam tanpa asupan makanan. Apabila tubuh kekurangan protein dalam jangka panjang, maka akan rentan terkena penyakit kwashiorkor dan malnutrisi energi protein.

2. Perbaiki Serta Membangun Jaringan Tubuh

Protein berperan besar dan dibutuhkan oleh semua bagian tubuh, misalnya otot dan tulang, paru-paru, kulit, dan rambut. Selain itu, protein juga bertanggung jawab untuk memelihara dan mengganti jaringan tubuh yang rusak. Pada kondisi normal, protein akan digunakan untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Namun, dibeberapa kondisi tubuh bisa menyebabkan lebih banyak protein, yaitu recovery jaringan baru atau ketika pemecahan protein yang terjadi lebih banyak, misalnya pada ibu hamil, ibu menyusui, atau orang yang sedang sakit.

3. Bentuk Antibodi

Fungsi protein selanjutnya adalah membantu tubuh membentuk antibodi yang berperan penting untuk melawan infeksi bakteri atau virus. Selain itu, antibodi juga bisa melindungi tubuh dari serangan bakteri atau virus yang sama di kemudian hari.

4. Picu Reaksi Biokimia

Jenis protein yang ditemukan di dalam sel adalah enzim, dimana enzim bertanggung jawab terhadap reaksi biokimia yang terjadi di dalam tubuh, sebagai kontraksi otot, pembekuan darah, hingga mencerna makanan.

5. Kirim Sinyal Ke Tubuh

Protein ada yang berbentuk hormon yang berperan mengirimkan sinyal dan mengatur proses biologis antara sel, jaringan, dan organ. Salah satunya, hormon insulin yang mengirim sinyal serta mengatur proses masuknya gula ke dalam sel tubuh. Senyawa-senyawa kimia akan melewati aliran darah menggunakan protein sebagai  alat transportasi masuk atau keluar sel tubuh. Protein juga menyeimbangkan pH dan jumlah cairan dalam darah. 

Manfaat protein sangat banyak sehingga untuk memenuhi kebutuhan protein sobat Muscle bisa menemukannya melalui makanan yang mengandung protein. Banyak makanan tinggi protein daging tanpa lemak, daging ayam, ikan dan makanan laut, telur, olahan susu, biji-bijian, kacang-kacangan, brokoli, dan lain-lain. Tapi, untuk menyerap proteinnya maka sobat Muscle perlu mencernanya terlebih dahulu sehingga membutuhkan waktu lebih lama. Mimin punya solusinya, nih! Sobat Muscle bisa mengonsumsi Pro Isolate, Pro Whey, Pro Casein, maupun Pro Gainer untuk mendapatkan protein secara cepat sekaligus membentuk body goals. Yuk, dapatkan produk-produk Muscle First di agen terdekat atau market place, karena lagi ada promo dan bonus lainnya, loh!

Fungsi protein sebagai sumber energi¸ membentuk berbagai enzim dan hormon, hingga mendukung sistem kekebalan tubuh. Selain Lemak dan karbohidrat, protein merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar sehingga harus dilengkapi kebutuhan hariannya.

Fitrah Nur Islamiah Penulis Artikel
Kontak Media Penulis Artikel
Share