Pengertian Kasein, Fungsi Kasein, Dan Cara Minum Kasein Yang Benar! | Musclefirst

Pengertian Kasein, Fungsi Kasein, Dan Cara Minum Kasein Yang Benar!

Penulis Artikel Fitrah Nur Islamiah
2023-03-19
Whey Kasein
#kasein

Apa Itu Kasein?

Sobat Muscle mungkin sering membaca kandungan kasein pada yogurt, keju, susu formula, serta suplemen makanan. Ya, semua mamalia yang menyusui memiliki komposisi kasein pada susu yang diproduksinya. Tahukah sobat Muscle, bahwa kandungan ASI pada manusia terdiri dari 40% kasein dan 60% whey. Sedangkan pada sapi mengandung 80% kasein dan 20% whey dari protein yang ada di susu sapi. Perbedaan kasein dan whey adalah bahwa pada kasein memiliki lebih banyak karbohidrat, zat besi, dan kalsium dibandingkan protein whey. Protein whey dianggap lebih fokus untuk menjaga kesehatan dengan kekebalan tubuh dan proses transportasi zat dalam tubuh.

Casein adalah protein utama yang terkandung pada susu yang umumnya digunakan dalam keju maupun formula susu bayi. Tak hanya untuk itu, casein protein yang lengkap dengan nutrisi mengandung karbohidrat, asam amino serta mineral esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Kasein dalam bentuk murni berupa padatan berwarna putih tanpa rasa. Kasein tidak sensitif dan sulit dirusak menggunakan panas dengan temperatur dibawah 120 °C. Namun, kasein mampu menyebarkan cahaya yang saat dilihat pada susu tersebar dengan warna putih.

Protein kasein yang masuk ke dalam tubuh akan terpecah menjadi asam amino yang akan bersirkulasi didalam darah hingga terserap oleh tubuh. Perbedaan serapan whey dan kasein sangat berbeda, whey memerlukan waktu untuk diserap tubuh lebih rendah hanya dalam 90 menit, sedangkan kasein membutuhkan waktu yang lebih lama untuk terserap hingga 5 jam. Maka dari itu, kasein susu sangat cocok dikonsumsi saat berpuasa atau diet untuk menahan lapar. Tak ada efek samping yang mengkhawatirkan jika mengonsumsi kasein, hanya saja jika sobat Muscle memiliki alergi maka perlu konsultasi terlebih dahulu kepada dokter maupun ahlinya.

7 Fungsi Kasein Yang Baik Bagi Tubuh

Protein kasein telah menjadi rahasia umum dan banyak dipakai pada suplemen di tempat gym. Kandungan pada kasein memiliki asam amino esensial yang lengkap sehingga memberikan banyak manfaat bagi tubuh apabila sobat Muscle mengonsumsi kasein. Apa saja sih fungsi kasein bagi tubuh.

1. Membangun Otot

Kasein mengandung asam amino yang akan disalurkan kepada sel-sel otot selama beberapa periode waktu. Protein kasein dapat membawa hasil yang lebih baik dalam hal pertumbuhan otot apabila dibandingkan dengan whey. Saat sobat Muscle melakukan workout yang berintensitas besar, jaringan serat otot akan mengalami robekan kecil. Sobat Muscle bisa menggunakan suplemen protein dari Muscle First, salah satunya adalah dengan kasein yang bisa recovery dan membangun jaringan otot agar menjadi lebih besar dan lebih kuat.

2. Turunkan Berat Badan

Protein kasein dapat menghilangkan lemak jika dikonsumsi secara teratur. Hal ini didukung oleh ulasan dari British Journal of Nutrition yang berkorelasi positif dengan penurunan berat badan. Karena, protein kasein lambat dicerna daripada protein lainnya, sehingga dapat mengontrol nafsu makan serta meningkatkan rasa kenyang. Hal ini bisa mendukung program dietmu untuk menurunkan berat badan.

3. Tingkatkan Energi

Meskipun pencernaan kasein lebih lambat, namun kasein dapat membantu meratakan tingkat energi. Karena kasein dapat menjadi bahan bakar energi yang konsisten serta tahan lama untuk tubuh. Selain itu, dengan meningkatnya massa otot maka akan semakin tinggi pula energi yang bisa di kerahkan.

4. Tingkatkan Sistem Imun

Terdapat penelitian yang dipublikasikan pada Food and Chemical Toxicology, bahwa protein kasein memiliki efek imunologis dan antibakteri tertentu, yang dapat mengurangi ketegangan pada sistem kekebalan tubuh. Jenis casein protein lebih lambat dalam mencerna, sehingga protein bisa terserap lebih sempurna ke seluruh tubuh. Proses ini juga akan memperbaiki proses metabolisme, dan tentu saja meningkatkan kesehatan usus besar.

5. Efek Antimikroba

Menurut studi pada tahun 2016, peptida yang diisolasi dari protein casein diketahui memiliki efek penghambatan terhadap berbagai mikroba termasuk E. Coli dan Streptococcus mutans. E. Coli atau Escherichia coli adalah salah satu jenis spesies bakteri Gram negatif yang dapat ditemukan dalam usus besar manusia. Bakteri E. Coli ini menyebabkan gejala berupa sakit perut, diare, mual, dan muntah. Sedangkan, Streptococcus mutans menyebabkan penyakit mulut, seperti karies gigi yang menyebabkan penyakit jaringan keras gigi yang menyerang anak-anak ataupun usia dewasa.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Menurut hasil penelitian pada tahun 2016 meneliti perbandingan hubungan orang yang makan kasein dari keju dan risiko penyakit kardiovaskular, menghasilkan orang yang mengonsumsi 200 gram keju setiap hari berisiko 18 persen lebih rendah terkena penyakit jantung. Sedangkan pada penelitian lainnya mengungkap bahwa konsumsi 50 gram keju sehari dapat mengurangi risiko stroke hingga 13 persen.

Hal ini juga didukung oleh Paradox Prancis - bahwa orang Prancis memiliki tingkat penyakit jantung yang rendah terlepas dari kesukaan mereka terhadap keju dan makanan tinggi dengan lemak jenuh lainnya, seperti mentega dan daging bebek. Hasilnya, protein kasein diketahui dapat membantu mencegah hipertensi, penyakit kardiovaskular, dan masalah terkait jantung lainnya.

7. Sebagai Antioksidan

Kasein bersifat antioksidan yang artinya kasein mampu memperlambat atau mencegah proses oksidasi terhadap molekul lain. Sebuah penelitian tesis di Universitas Gadjah Mada menguji kasein pada tikus dimana menunjukkan efek antioksidan kasein susu dapat membantu mengurangi aktivitas radikal bebas. Kasein susu mempunyai aktivitas antioksidan yang bisa mencegah terjadinya kerusakan sel dan efek buruk yang disebabkan oleh keracunan makanan akibat sudah terkontaminasi oleh berbagai virus, bakteri, juga parasit lainnya.

Cara Minum Kasein Susu Yang Benar!

Setelah sobat Muscle mengetahui apa itu kasein dan fungsi kasein yang memiliki banyak manfaat, kini mimin akan kasih tau cara untuk mengonsumsi casein protein yang benar. Kasein umum digunakan sebagai komponen utama dalam pembuatan keju, susu formula, dan suplemen protein. Pro Casein sebagai susu suplemen terbaik bisa dikonsumsi sebanyak 35 gram perhari. Apabila beli di Muscle First pun sobat Muscle bisa mendapatkan scoop gratis yang berada disetiap kemasan.

Pada saat sobat Muscle meminum kasein susu, maka protein casein yang bertekstur kental dan creamy setelah diseduh dan tercerna tersebut akan membutuhkan waktu 3 - 4 jam ke depan agar tercerna sepenuhnya di dalam tubuh. Karena hal inilah, kasein susu lebih disarankan untuk diminum sebelum tidur agar asam amino yang ada di dalam darah bisa tetap terjaga serta terproses maksimal dalam membentuk otot selagi sobat Muscle tidur. Pasalnya, waktu yang tepat untuk meminum kasein susu adalah ketika sobat Muscle setelah berolahraga atau sebelum tidur agar pemulihan otot bisa lebih meningkat.

Jika sobat Muscle mengonsumsi Pro Casein maka tubuh terbantu untuk memperbaiki robekan kecil pada serat otot yang akan membangun kembali otot menjadi lebih besar dan lebih kuat. Nah, dari sanalah peranan kasein sebagai pendukung pertumbuhan jaringan otot sobat Muscle! Kasein juga cocok untuk diet ataupun diminum sebelum sahur karena protein kasein lebih lambat dicerna daripada protein lainnya. Maka dari itu, kasein akan mengenyangkan sobat Muscle selama kurang lebih 8 jam dan mengontrol nafsu makan.

Agar meminum kasein susu tidak membosankan, Muscle First menghadirkan Pro Casein rasa chocolate soul dan honey banana. Cara menyeduhnya pun cukup mudah dengan mencampur 1 scoop atau 35 gram Pro Casein dengan air dingin ataupun ditambah es batu. Pro Casein yang mengandung 24 gram protein, 120 kalori, 1 gram lemak, dan tanpa gula tersebut juga menyenangkan untuk diminum setelah olahraga. Selain memberikan casein terbaik, harga Muscle First juga terbaik dipasarannya dimana sobat Muscle akan mendapatkan diskon maupun bonus untuk setiap pembeliannya.

Tunggu apalagi kan? Yuk bentuk badan ideal bareng Muscle First!

Fitrah Nur Islamiah Penulis Artikel
Kontak Media Penulis Artikel
Share