Fakta atau Mitos Rokok Berpengaruh Negatif Pada Massa Otot? | Musclefirst

Fakta atau Mitos Rokok Berpengaruh Negatif Pada Massa Otot?

Penulis Artikel Fitrah Nur Islamiah
2023-05-27
Fakta atau Mitos Rokok Berpengaruh Negatif Pada Massa Otot?
#whey

Aktivitas merokok memiliki efek negatif yang tidak dapat diimbangi hanya dengan menjalani pola diet sehat dan rutin berolahraga. Sobat Muscle harus mengetahui alasan perokok perlu menyadari dampak buruk pada tubuh terlepas dari upaya sehat yang dilakukan.

Salah satu dampak tidak terlihat dari merokok adalah pembatasan aliran darah. Rokok menyebabkan pembuluh darah menyempit, sehingga aliran darah ke tubuh dan sel-sel otot tidak berjalan dengan optimal. Hal ini mengakibatkan otot tidak mendapatkan nutrisi yang diperlukan untuk kinerja yang baik. Meskipun seseorang menjalani diet sehat dan berolahraga secara rutin, pembatasan aliran darah ini tetap mempengaruhi kesehatan otot sobat Muscle.

Selain itu, merokok juga mengakibatkan kadar oksigen rendah dalam tubuh. Setiap batang rokok yang dihisap mengurangi penyerapan oksigen hingga 10 persen yang secara signifikan membatasi kemampuan latihan. Oksigen yang mencukupi sangat penting bagi sel-sel otot yang sedang bekerja. Kurangnya oksigen ini akan meningkatkan tingkat kelelahan yang dirasakan, sehingga mengurangi kinerja selama latihan.

Perokok mengalami penurunan kekuatan otot, hal ini karena fungsi sel darah merah akan mengikat karbon monoksida lebih kuat daripada oksigen jika terlalu banyak menghirup karbon monoksida. Akibatnya, aktivitas otot dan jantung akan memburuk, bahkan hingga mengalami kelemahan, kelelahan, dan pusing.

Penting untuk diingat bahwa menjalani pola diet sehat dan rutin berolahraga bukanlah solusi yang bisa mengurangi efek samping rokok. Jika sobat Muscle ingin benar-benar menjaga kesehatan, langkah yang paling baik adalah untuk berhenti merokok sepenuhnya. Merokok memiliki dampak yang merugikan pada tubuh dan kesehatan secara keseluruhan. 

Berhenti merokok akan memberikan manfaat besar bagi tubuh dan kesehatan. Perbaikan aliran darah, peningkatan kadar oksigen, dan pemulihan kekuatan otot adalah beberapa efek positif yang akan dirasakan ketika seseorang meninggalkan kebiasaan merokok. Meskipun menghentikan kebiasaan merokok mungkin sulit, tetapi dengan dukungan yang tepat dan keputusan yang kuat, hal itu dapat dicapai.

Dalam kesimpulannya, perokok perlu menyadari bahwa merokok memiliki efek negatif pada tubuh sobat Muscle yang tidak dapat diatasi hanya dengan menjalani pola diet sehat dan rutin berolahraga. Penting untuk mengambil langkah-langkah untuk berhenti merokok sepenuhnya guna menjaga kesehatan secara optimal. Dengan melakukannya, seseorang dapat meningkatkan kualitas hidup dan meminimalkan risiko terjadinya berbagai penyakit yang disebabkan oleh merokok.

Saat hendak merubah gaya hidup sehat, perhatikan pula asupan nutrisi yang masuk kedalam tubuh. Pentingnya memenuhi kebutuhan tubuh seringkali dianggap tak penting, apalagi kalau sulit untuk diperoleh hanya melalui realfood saja. Muscle First sebagai brand suplemen terpercaya telah menyediakan kebutuhan nutrisi kalian, mulai dari protein, kalori, hingga BCAA yang banyak digunakan oleh binaragawan untuk mempertahankan bentuk massa otot.

Pro Isolate adalah susu protein yang mengandung BCAA banyak digunakan untuk program cutting maupun diet. Sedangkan bagi sobat Muscle yang ingin menambah berat badan ataupun bulking karena memiliki kalori yang tinggi bisa menggunakan Pro Gainer. Jika ingin membantu kenaikan massa otot, sobat Muscle juga bisa memenuhi asupan nutrisi dengan mengonsumsi Pro Creatine.

Nah tunggu apalagi? Yuk segera check out keburu kehabisan dengan kunjungi agen terdekat di kotamu atau semua marketplace kesayanganmu!

Fitrah Nur Islamiah Penulis Artikel
Kontak Media Penulis Artikel
Share