Ternyata Dry Scoop Kurang Aman Untuk Kesehatan! | Musclefirst

Ternyata Dry Scoop Kurang Aman Untuk Kesehatan!

Penulis Artikel Fitrah Nur Islamiah
2023-01-24
Ternyata Dry Scoop Kurang Aman Untuk Kesehatan!
#creatine

Istilah viral dry scooping mulai dikenal pada aplikasi TikTok, yaitu konten berisi cara minum bubuk protein dengan menelan langsung ke mulut tanpa diseduh air terlebih dahulu. Bubuk protein atau protein shake sendiri biasanya dikonsumsi oleh orang-orang yang ingin membentuk tubuh untuk membantu membentuk otot atau menurunkan berat badan. Nah, trik dry scoop ini dipercaya membuat suplemen fitnes ini bekerja lebih maksimal. Cara ini dinilai sebagian orang lebih mudah dibandingkan dengan orang yang perlu mengaduk bubuk protein ke dalam susu atau shake.

Namun, bertolak belakang dengan informasi dari Fox News (09/06), bahwa tren dry scoop tersebut cukup berbahaya bagi kesehatan di TikTok muncul belakangan ini. Tren yang dijuluki "dry scooping" tersebut meski terlihat biasa saja, ternyata ada banyak efek samping yang terkait dengan konsumsi bubuk protein tanpa air. Nyatanya, alih-alih mendapatkan hasil yang optimal, beberapa pengguna TikTok mengalami gangguan kesehatan setelah mencoba tren tersebut.

Salah satunya karena mengalami serangan jantung bahkan mengaku dibawa ke rumah sakit setelah dry scoop. Dikutip Fox News, ahli jantung dan pendiri Upper East Side Cardiology, Dr. Satjit Bhusri menegaskan bahwa tren dry scoop memang berbahaya bagi kesehatan. Karena jika suplemen bubuk yang mengandung kafein, kreatin, taurin, vitamin B, penguat NO2 dan asam amino diminum langsung bisa mengakibatkan efek yang bisa memicu serangan jantung atau bahkan stroke serebral.

Efek samping berbahaya ini telah dikonfirmasi oleh dokter, dimana saat bubuk protein ditelan, maka kafein dalam jumlah besar di dalam tubuh akan menyebabkan serangan jantung bahkan bisa terjadi stroke. “Tren ini mirip dengan tren makanan ekstrim yang saat ini banyak diikuti orang. Selain menghemat waktu, mereka percaya bahwa mengonsumsi bubuk protein tanpa diolah dapat meningkatkan performa mereka saat beraktivitas fisik. Mereka mengira bubuk protein ini masuk ke aliran darah lebih cepat daripada minuman protein lainnya”, jelas Dr. Satjit Bhusri, seorang ahli jantung.

"Dengan menelan bubuk protein kering, akan berakhir langsung dari kerongkongan ke perut. Karena bubuk ini tidak diencerkan, ia masuk ke aliran darah dengan cepat. Sehingga senyawa tersebut dapat memicu adrenalin secara tiba-tiba dan membuat jantung bekerja lebih keras,” lanjut Dr. Satjit. Kondisi ini tentu sangat berbahaya, terutama bagi orang yang tidak mengetahui bahwa dirinya mengidap penyakit jantung koroner atau penyakit jantung lainnya.

“Faktanya, sama sekali tidak ada keuntungan dari tren dry scoop. Pilih alternatif lain seperti program makan sehat dan program olahraga yang terstruktur, tentunya akan menghasilkan hal yang serupa untuk tercapainya tanpa perlu bantuan menelan bubuk protein kering,” terang Dr. Satjit. “Selain itu, hasilnya juga akan meningkatkan kesehatan tubuh. Segala sesuatu yang natural dan natural akan membuat jantung lebih rileks dan mengurangi risiko penyakit jantung”.

Nah, setelah mengetahui hal tersebut, kini sobat Muscle bisa memilih cara penyeduhan yang aman. Salah satunya caranya dengan cara melihat belakang kemasan pada setiap produk Muscle First. Tak perlu terburu-buru untuk mendapatkan hasilnya, yang terpenting adalah sobat Muscle tetap bisa menikmati bentuk tubuh impian dalam keadaan sehat. Kalau diantara sobat Muscle ada yang masih bingung produk mana yang memiliki kandungan suplemen terbaik? Carilah suplemen yang sudah halal, BPOM, HAACP, GMP, ISO 22000, dan LABDOOR seperti Muscle First. 

Salah satunya caranya dengan cara melihat belakang kemasan pada setiap produk Muscle First. Tak perlu terburu-buru untuk mendapatkan hasilnya, yang terpenting adalah sobat Muscle tetap bisa menikmati bentuk tubuh impian dalam keadaan sehat. Kalau diantara sobat Muscle ada yang masih bingung produk mana yang memiliki kandungan suplemen terbaik? Carilah suplemen yang sudah halal, BPOM, HAACP, GMP, ISO 22000, dan LABDOOR seperti Muscle First.

Fitrah Nur Islamiah Penulis Artikel
Kontak Media Penulis Artikel
Share