Dirty Bulking vs Clean Bulking: Mana yang Lebih Baik untuk Membangun Otot? | Musclefirst

Dirty Bulking vs Clean Bulking: Mana yang Lebih Baik untuk Membangun Otot?

Penulis Artikel Fitrah Nur Islamiah
2023-06-07
Dirty Bulking vs Clean Bulking: Mana yang Lebih Baik untuk Membangun Otot?
#gainer

Halo sobat Muscle! Ada yang mau nambah gede otot badan dengan bulking ga nih? Nih, mimin kasih rekomendasi yang oke buat kamu, yaitu Suplemen Pro Gainer dari Muscle First. Suplemen ini emang udah terbukti ngebantu banget buat sobat Muscle yang mau bangunin otot dengan efektif.

Biar ototnya bisa meningkat, ada beberapa hal penting yang harus diperhatiin, seperti ngangkat beban yang berat, makan makanan yang tinggi protein, dan makan lebih banyak dari biasanya atau surplus kalori. Nah, untuk makan lebih banyak, ada dua cara yang umum dipakai, yaitu clean bulking dan dirty bulking. Tapi, mana yang lebih bagus ya? Jangan bingung-bingung sendiri, yuk baca artikel ini sampai selesai!

Clean bulking itu lebih berfokus pada makanan yang sehat dan coba ngurangin lemak yang nambah. Jadi, makanan yang dikonsumsi itu harus organik, lokal, dan masih dalam bentuk aslinya yaa. Pokoknya, harus perhatiin banget nutrisinya dan atur kalori biar lemaknya gak numpuk.

Kalo dirty bulking, sobat Muscle nggak terlalu mikirin lemak. Makanannya yang enak-enak dan padat kalori, hingga makanan olahan atau fast food. Di dirty bulking ini, yang penting berat badannya naik dengan surplus kalori yang besar.

Keduanya ada untung dan ruginya masing-masing. Contohnya clean bulking membuat tubuh tetep sehat karena makanannya yang terjaga, tapi terkadang jadi susah juga makan banyaknya. Karena dirty bulking, membuat  berat badan lebih mudah bertambah untuk sobat Muscle yang susah banget gemuk. Tapi, resikonya bikin naik gula darah, asam lemak, kolesterol, dan lemak tubuh.

Nah, makanya Suplemen Pro Gainer dari Muscle First bisa banget bantu sobat Muscle buat clean bulking dan dirty bulking. Setiap sajiannya memiliki 55 gram protein dan 1030 kalori, jadi sudah lengkap banget buat nutrisi yang dibutuhin tubuh pas lagi mau nambah otot. Protein bisa dibilang sebagai bahan bangunan otot, dan kalori itu sumber energi buat mengekuatkan dan membesarkan otot.

Dengan mengonsumsi Suplemen Pro Gainer secara rutin, kamu bisa memastikan tubuhmu mendapatkan nutrisi yang tepat untuk menambah massa otot, baik itu clean bulking atau dirty bulking. Suplemen Muscle First ini bisa membantu proses pemulihan otot setelah latihan yang berat, memperbaiki sintesis protein, dan memperkuat otot.

Selain itu, di dalam Suplemen Pro Gainer juga ada karbohidrat kompleks yang penting buat mengisi ulang glikogen otot yang merupakan tempat penyimpanan glukosa dan menyediakan energi buat latihan berat. Jadi, sobat Muscle bisa tetep dapet surplus kalori yang dibutuhkan.

Yang bagus lagi dari Suplemen Pro Gainer ini, cara pakainya yang sangat mudah dan praktis. Tinggal minum setelah latihan atau bisa juga sebagai makanan tambahan dari makanan utama. Jadi, gampang banget buat dapetin asupan kalori yang dibutuhkan tanpa harus makan banyak atau makan makanan ga sehat.

Tapi, jangan lupa, suplemen cuma sebagai tambahan saja dan bukan sebagai pengganti dari makanan sehat dan seimbang. Tetep penting banget buat selalu menjaga pola makan yang kaya dengan makanan real food, seperti daging tanpa lemak, ikan, sayur-sayuran, dan biji-bijian. Itu sangat penting banget buat mendapetkan nutrisi yang tercukupi.

Selain itu, kombinasi yang tepat antara Suplemen Pro Gainer dengan latihan yang konsisten, dan pola makan yang sehat itu juga penting banget. Latihan angkat beban yang berat dan fokus pada latihan yang melibatkan banyak otot, seperti squat, deadlift, dan bench press dapat membantu merangsang pertumbuhan otot dengan efektif.

Jadi, kalo kamu pengen hasil yang maksimal buat meningkatkan massa ototmu, Suplemen Pro Gainer dari Muscle First ini bisa jadi pilihan yang bagus buat nambahin program bulkingmu loh! Tapi, inget banget buat konsultasi sama ahli gizi atau dokter sebelum mulai pake suplemen ini, biar sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuhmu.

Dengan gabungan yang pas antara latihan yang konsisten, pola makan yang sehat, dan Suplemen Pro Gainer bisa menjadi pendukungmu, sobat Muscle bisa memaksimalkan potensi pertumbuhan ototmu dan mendapetkan hasil yang sobat Muscle inginkan dari program clean bulking ataupun dirty bulking.

Fitrah Nur Islamiah Penulis Artikel
Kontak Media Penulis Artikel
Share