Apakah Bulking dan Cutting Boleh Digabungkan? Baca Ini Untuk Mengetahuinya! | Musclefirst

Apakah Bulking dan Cutting Boleh Digabungkan? Baca Ini Untuk Mengetahuinya!

Penulis Artikel Fitrah Nur Islamiah
2023-05-24
Apakah Bulking dan Cutting Boleh Digabungkan? Baca Ini Untuk Mengetahuinya!
#suplemen

Dalam dunia kebugaran, ada banyak metode yang digunakan buat mencapai tujuan tertentu, salah satunya adalah bulking dan cutting. Tapi, boleh gak sih kalo sobat Muscle menggabungkan dua program ini sekaligus? Pada pandangan awal, keliatannya kayak hal yang akan sulit untuk dilakukan bersamaan, tetapi, sebenernya ada beberapa cara yang bisa dicoba buat mix program ini, loh!

Sebelum sobat Muscle bahas lebih lanjut, penting banget buat ngerti dulu konsep bulking dan cutting. Jadi, bulking biasanya dilakukan buat menambah ukuran dan kekuatan otot. Caranya adalah dengan mengonsumsi lebih banyak protein dan kalori melalui realfood maupun suplemen seperti dari susu Pro Gainer Muscle First, serta memilih latihan fisik yang berat. Di sisi lain, cutting dilakuin buat mengurangi lemak tubuh dan mengeringkan otot-otot yang sudah ada dengan cara melibatkan diet bersamaan aktivitas kardio.

Walaupun bulking dan cutting punya tujuan yang berbeda, sobat Muscle masih bisa coba beberapa cara untuk melakukan mix program bulking dan cutting. Salah satunya adalah dengan menambah asupan protein dan mengurangi asupan karbohidrat. Selain itu, dengan mengatur jumlah protein yang membatasi pertumbuhan otot myostatin. Jadi, buat kombinasi antara peningkatan ukuran otot (bulking) dan penurunan lemak tubuh (cutting), sobat Muscle bisa mengurangi jumlah myostatin untuk mengontrol proses pemecahan gula di tubuh.

Selain itu, bisa juga dengan melakukan intermittent fasting yang dikaitkan dengan peningkatan ketahanan terhadap stres, umur panjang, dan pencegahan penyakit. Sobat Muscle bisa ngelakuin latihan fisik buat bulking dan diet serta kardio rutin buat cutting. Dalam hal ini, sobat Muscle bisa ngelakuin latihan gabungan antara kekuatan dan ketahanan, tapi tetep memperhatikan berat yang sobat Muscle angkat supaya tidak berlebihan. Sementara itu, diet dan kardio bisa dilakukan di waktu yang sudah ditentukan. Dengan cara ini, sobat Muscle masih bisa ngelakuin aktivitas fisik buat bentuk otot sambil bakar lemak.

Terakhir, penuhi kebutuhan tubuh sobat Muscle dan kasih waktu istirahat yang cukup, ya. Overtraining bisa menyebabkan cedera dan mengganggu progres sobat Muscle. Jaga keseimbangan antara latihan, istirahat, dan pemulihan tubuh. sobat Muscle juga bisa pakai suplemen yang mengandung BCAA seperti Pro BCAA atau susu protein Pro Isolate dari brand ternama Muscle First. BCAA adalah protein sederhana yang bisa menutrisi tubuh supaya cepat pulih dan menghindari penurunan massa otot.

Tapi, jangan lupa ya, gabungin bulking dan cutting bukan metode yang paling efektif. Setiap orang punya kebutuhan dan respon yang beda-beda terhadap program kebugaran. Jadi, penting banget buat nyari metode yang cocok dengan tujuan dan kebutuhanmu sendiri. Selain itu, jangan lupa bahwa mencapai hasil dalam kebugaran dan pembentukan tubuh butuh waktu dan kesabaran, karena tidak ada jalan pintas instan buat mencapai tujuan tersebut. Yang terpenting itu konsistensi, dedikasi, dan pola makan yang seimbang juga berperan penting buat kesuksesannya.

Kesimpulannya, mix program bulking dan cutting bisa dilakukan dengan cara yang tepat dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Meskipun mungkin bukan metode yang paling efektif, tapi dengan konsistensi, pengaturan nutrisi yang tepat, dan dukungan dari ahli kebugaran, sobat Muscle bisa mencapai tujuan kebugaran dan pembentukan tubuh yang sobat Muscle mau. Baca juga cara membentuk badan dengan program body recompotition.

Jadi, gimana? Mau coba mix metode ini atau mau nyoba satu per satu dulu? Keputusannya ada di tanganmu. Jika ada sobat Muscle juga bisa berkonsultasi sama ahli kebugaran atau pelatih yang kompeten sebelum coba metode baru, biar metode yang sobat Muscle pilih sesuai sama kondisi fisik dan tujuanmu. Sudah siap mencoba mix metode ini atau mau coba satu per satu dulu?

Ingat, selalu perhatikan tubuh sobat Muscle dan jangan lupa nikmati prosesnya, guys!

Fitrah Nur Islamiah Penulis Artikel
Kontak Media Penulis Artikel
Share