Inilah 4 Bagian Tubuh Yang Rentan Terkena Cedera saat Berolahraga! | Musclefirst

Inilah 4 Bagian Tubuh Yang Rentan Terkena Cedera saat Berolahraga!

Penulis Artikel Fitrah Nur Islamiah
2023-08-31
Inilah 4 Bagian Tubuh Yang Rentan Terkena Cedera saat Berolahraga!
#cedera

Cedera mungkin tak bisa sepenuhnya dihindari, namun kita dapat mengambil langkah pencegahan dan meminimalkan risiko. Terkadang, latihan olahraga yang tampak aman bisa meningkatkan risiko cedera jika teknik dan sikap egois yang salah digunakan.

Menurut penelitian dari University of Arkansas, cedera di pusat kebugaran meningkat hingga 35% karena kebiasaan mengangkat beban yang salah dan terlalu cepat. Oleh karena itu, kami ingin membahas bagian tubuh mana yang sering cedera saat latihan fitness.

1. Leher

Cedera di leher biasanya muncul akibat tegangan otot saat melakukan gerakan dengan teknik yang buruk. Hal ini dapat memengaruhi otot-otot di belakang leher, termasuk bagian scapula atau tulang sayap. Gejala cedera meliputi kaku dan nyeri di leher dan bahu, bahkan mungkin sakit kepala ringan atau vertigo.

2. Bahu

Bahu sering kali menjadi fokus saat berlatih. Namun, memaksakan bahu untuk bekerja berat bisa menyebabkan masalah pada sendi. Kurangnya pemanasan, gerakan yang tiba-tiba, dan beban berlebihan bisa merusak otot bahu. Gejala yang muncul biasanya berupa nyeri dan kaku pada bahu saat melakukan gerakan tertentu.

3. Pinggang Bawah

Pinggang bawah mendukung tubuh, melindungi organ vital, dan membantu gerakan. Cedera di area ini umumnya terjadi akibat posisi tubuh yang salah saat berlatih. Sakit di pinggang adalah gejala umum cedera ini.

4. Lutut

Lutut berperan penting dalam berbagai gerakan latihan, baik untuk tubuh bagian atas maupun bawah. Meskipun kuat menahan beban hingga 4 kali berat badan, pemanasan tetap penting sebelum latihan. Pastikan pula beban yang digunakan sesuai untuk menghindari kerusakan sendi lutut.

Jika sobat Muscle sedang dalam proses pemulihan dari cedera atau ingin menjaga tubuh tetap kuat, BCAA (Branched-Chain Amino Acids) dapat menjadi teman sobat Muscle. BCAA terdiri dari tiga asam amino esensial yang membantu meredakan kerusakan otot, mempercepat pemulihan, dan mendukung pertumbuhan otot.

Makanan seperti daging, ikan, telur, produk susu, kacang-kacangan, dan biji-bijian adalah sumber alami BCAA. Sobat Muscle juga bisa mendapatkan BCAA dalam suplemen seperti Pro BCAA dari Muscle First, yang hadir dalam rasa buah yang segar.

Ingatlah, menjaga teknik dan pemanasan yang baik, serta mendengarkan tubuh sobat Muscle, adalah kunci untuk berlatih dengan aman dan mencegah cedera.

Fitrah Nur Islamiah Penulis Artikel
Kontak Media Penulis Artikel
Share