Apa Itu DOMS Otot? Dan Apakah DOMS Berbahaya? | Musclefirst

Apa Itu DOMS Otot? Dan Apakah DOMS Berbahaya?

Penulis Artikel Fitrah Nur Islamiah
2023-01-24
Apa Itu DOMS Otot? Dan Apakah DOMS Berbahaya?
#doms#bcaa

Kepanjangan DOMS adalah Delayed Onset Muscle Soreness artinya nyeri yang muncul 6 sampai 8 jam setelah berolahraga ataupun melakukan latihan-latihan berat seperti, lari, basket, atau panjat tebing, yang baru dimulai atau tidak dilakukan secara rutin. Apalagi, jika sobat Muscle baru melakukan olahraga pertama kali atau bahkan sudah lama tidak melakukan berolahraga. Terjadinya DOMS bisa disebabkan karena :

  1. Saat memaksa otot untuk beradaptasi dengan gerakan baru diprogram latihan.

  2. Tingkatkan porsi latihan dari segi waktu maupun intensitas.

  3. Tingkatkan kecepatan lari atau menambah beban berat ketika melakukan angkat beban.

  4. Kurang istirahat yang cukup akibat aktivitas yang lama secara berulang.

Lakukan secara bertahap saat akan memulai olahraga baru atau berolahraga kembali setelah sekian lamanya. Hal ini dilakukan agar otot bisa beradaptasi sambil membangun kekuatan serta ketahanan tubuh. Selain itu, pemanasan serta pendinginan sebelum dan setelah berolahraga sangat penting untuk menghindari nyeri DOMS. Pastikan selama olahraga tubuh terhidrasi dengan baik untuk mencegah dehidrasi.

Beberapa pertanyaan yang sering kali ditanyakan seperti, nyeri DOMS berapa lama? Umumnya DOMS bisa bertahan selama 24 hingga 48 jam. Apakah DOMS berbahaya? Rasa nyeri pada DOMS bisa mengganggu aktivitas dan istirahat sehingga perlu diatasi. Sakit nyeri DOMS lebih sering terjadi pada otot yang baru dilatih.

Beberapa orang beranggapan bahwa manfaat DOMS menjadi tanda bahwa olahraga yang telah dilakukan efektif. Nyatanya, bila sobat Muscle tidak mengalami nyeri otot, bisa karena otot sudah terbiasa, dan bukan berarti latihan yang Anda lakukan tidak efektif.

Gejala dan Penyebab DOMS Otot

Setelah mengetahui waktu terjadinya penyakit DOMS, ketahui gejalanya meliputi DOMS sebagai berikut :

  1. Nyeri otot 

  2. Otot kaku 

  3. Pembengkakan otot

  4. Kekuatan otot berkurang sementara waktu, seperti otot menjadi tidak kuat mengangkat barang yang biasanya terasa ringan

Namun, jangan terlalu khawatir untuk mencari tahu cara menghilangkan DOMS dengan obat, karena nantinya akan hilang dengan sendirinya. Olahraga intensitas tinggi seperti kardio (HIIT) akan memicu terjadinya robekan kecil pada serat otot yang akan meningkatkan peradangan di area tersebut, sehingga otot terasa nyeri dan mengalami pembengkakan pada keesokan harinya.

Cara Mengatasi DOMS Otot

DOMS dapat hilang dengan sendirinya namun rasa sakit bisa mengganggu aktivitas. Berikut adalah 5 cara mengatasi nyeri otot akibat DOMS, yaitu:

1. Lakukan Gerakan Ringan

Untuk mengurangi sakit dan kekakuannya, jika memungkinkan tetap gerakan ringan, seperti jalan santai, gerakan peregangan, atau yoga. 

2. Pijat Lembut

Berikan pijatan lembut pada otot yang mengalami DOMS menggunakan minyak aromaterapi atau losion saat memijat untuk mengurangi rasa nyeri, sobat Muscle bisa meminta bantuan orang lain atau melakukannya sendiri.

3. Salep Pereda Nyeri

Obat DOMS yang bisa sobat Muscle gunakan adalah salep pereda nyeri berbahan dasar mentol, metil salisilat, atau capsaicin. Oleskan salep pereda nyeri di bagian tubuh yang mengalami DOMS untuk mengurangi nyeri otot akibat DOMS.

4. Kompres Air Dingin

Caranya sangat mudah, cukup dengan membungkus es batu kedalam kain atau handuk, lalu tempelkan ke otot yang sakit selama 15 menit dan ulangi hingga beberapa kali. Hal ini bisa mengurangi gejala DOMS setelah olahraga dengan memanfaatkan kompres dingin yang efektif untuk meredakan nyeri.

5. Rendam Air Hangat

Cara mengatasi DOMS dengan berendam atau mandi dengan air hangat yang akan melemaskan otot, sehingga bisa mengurangi gejala DOMS. 

Apakah Saat DOMS Boleh Berolahraga? 

Sebaiknya hindari berolahraga berat saat sobat Muscle sedang ditahap penyembuhan DOMS. Hal ini agar otot bisa lebih beristirahat dan tidak memperparah stres yang bisa mengakibatkan nyeri otot. Beberapa masalah kesehatan lainnya yang bisa semakin parah jika sobat Muscle memaksa tubuh untuk berolahraga adalah : cedera, depresi, insomnia, mood berubah, detak jantung meningkat, nyeri sandi, dan hilang nafsu makan.

Maka dari itu, meskipun dapat hilang dengan sendirinya, nyeri DOMS umumnya tidak memerlukan penanganan medis dengan perhatian khusus. Nyeri DOMS juga berbeda dengan nyeri otot akut yang muncul sesaat setelah berolahraga dan hilang dengan cepat setelah selesai olahraga. Pro BCAA akan membantu sobat Muscle mengurangi letih pada otot setelah berolahraga. Produk dari Muscle First tersebut bisa sobat Muscle pilih dengan banyak variasi rasa yang enak seperti : Grape Bush, Orange Cooler, dan Green Apple.

Sedikit saran untuk sobat Muscle, apabila gejala DOMS yang sobat Muscle alami tidak kunjung membaik hingga 7 hari atau disertai urine berwarna gelap, segera konsultasikan ke dokter untuk dilakukan penanganan yang tepat. 

Sedikit saran untuk sobat Muscle, apabila gejala DOMS yang sobat Muscle alami tidak kunjung membaik hingga 7 hari atau disertai urine berwarna gelap, segera konsultasikan ke dokter untuk dilakukan penanganan yang tepat. 

Fitrah Nur Islamiah Penulis Artikel
Kontak Media Penulis Artikel
Share