Apa itu Body Recomposition? Baca Ini Untuk Mengetahuinya! | Musclefirst

Apa itu Body Recomposition? Baca Ini Untuk Mengetahuinya!

Penulis Artikel Fitrah Nur Islamiah
2023-05-26
Apa itu Body Recomposition? Baca Ini Untuk Mengetahuinya!
#workout

Meningkatkan asupan protein dan menggabungkan latihan kekuatan ke dalam rutinitas sobat Muscle dapat membantu sobat Muscle menurunkan lemak tubuh dan meningkatkan massa otot. Selain itu, hal ini juga dapat meningkatkan metabolisme dan membantu melindungi sobat Muscle dari beberapa kondisi kronis.

Banyak orang yang mencoba menurunkan berat badan ingin memiliki tubuh yang ramping namun berotot. Namun, banyak program penurunan berat badan yang umumnya fokus pada penurunan lemak tubuh dan mencapai angka berat badan yang lebih rendah pada timbangan daripada membangun otot.

Body recomposition adalah pendekatan penurunan berat badan yang menekankan pentingnya tidak hanya menurunkan lemak tetapi juga membangun otot secara bersamaan. Dengan melakukan body recomposition, sobat Muscle dapat mengurangi lemak tubuh dan meningkatkan kekuatan otot. Body recomposition berbeda dengan diet, karena body recomposition merupakan gaya hidup di mana teknik kebugaran dan nutrisi dapat menghasilkan perubahan yang bermanfaat pada rasio lemak dan otot pada tubuh sobat Muscle. 

Dalam body recomposition, sobat Muscle tidak hanya berdasarkan timbangan berat badan sebagai tolak ukur kemajuan saja, tetapi juga melihat komposisi tubuh sobat Muscle. Hal ini bisa dilihat dari persentase lemak tubuh dengan massa otot atau melalui timbangan yang bisa sekaligus mengukur lemak tubuh. Selain itu, pengukuran tambahan bisa juga dilakukan menggunakan alat ukur lingkar pinggang. 

Saat sedang melakukan body recomposition seringkali berat badan tidak berubah, namun perubahan lebih terlihat di bentuk massa otot yang bertambah. Oleh karena itu, fokus pada rasio otot terhadap lemak menjadi lebih penting daripada hanya berat badan.

Dalam body recomposition, tidak ada protokol yang ditetapkan, tetapi sobat Muscle perlu mengubah pola makan dan rutinitas latihan sobat Muscle. Latihan kekuatan penting untuk membangun otot, sedangkan diet tinggi protein membantu menurunkan lemak sambil mempertahankan massa otot. 

Komposisi tubuh yang sehat dengan persentase lemak yang rendah dan massa otot yang tinggi dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes, kanker, dan penyakit jantung. Untuk menurunkan lemak tubuh, sobat Muscle perlu melakukan defisit kalori dengan mengurangi asupan kalori atau meningkatkan pembakaran energi melalui latihan dan asupan nutrisi yang memiliki kalori yang rendah.

Namun, saat mengurangi kalori secara ekstrem atau melakukan latihan kardio yang berlebihan dapat mengurangi massa otot. Oleh karena itu, penting untuk memilih suplemen yang rendah kalori dan lemak, tinggi protein, tetapi juga mengandung BCAA yang baik untuk massa otot. Rekomendasi suplemen yang dibutuhkan saat hendak melakukan body recomposition adalah Pro Isolate, Pro Creatine, Pro BCAA, ataupun dibantu oleh Pro Nrgy sebelum melakukan latihan.

Kenapa harus memenuhi asupan nutrisi yang tepat termasuk hal penting dalam penurunan lemak tubuh? Asupan protein yang tinggi dapat membantu dalam mempertahankan massa otot dan mengurangi lemak tubuh. Dalam body recomposition, keseimbangan antara diet dan latihan sangat penting sehingga latihan kekuatan perlu dilakukan untuk membangun massa otot, sementara diet tinggi protein membantu dalam penurunan lemak tubuh. 

Dengan menciptakan defisit kalori yang tidak berlebihan dan mengonsumsi diet yang kaya protein, sobat Muscle dapat menurunkan lemak tubuh sambil mempertahankan atau meningkatkan massa otot. Jadi, body recomposition adalah program untuk membantu sobat Muscle menurunkan lemak tubuh, meningkatkan kekuatan dan massa otot, serta meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. 

Gabungan antara asupan protein yang cukup dengan latihan kekuatan yang teratur, sobat Muscle dapat mencapai komposisi tubuh yang lebih sehat dan meningkatkan metabolisme basal sobat Muscle. apabila masih kesulitan memenuhi kebutuhan protein yang tinggi, sobat Muscle bisa menggunakan suplemen susu protein Pro Isolate dari Muscle First.

Mulailah dengan merancang program body recomposition yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan sobat Muscle, dan konsistenlah dalam melaksanakannya. Semangat!

Fitrah Nur Islamiah Penulis Artikel
Kontak Media Penulis Artikel
Share