Apa Itu BCAA, Fungsi, Dan Cara Minum BCAA | Musclefirst

Apa Itu BCAA, Fungsi, Dan Cara Minum BCAA

Penulis Artikel Fitrah Nur Islamiah
2023-01-09
APA ITU BCAA, FUNGSI, DAN CARA MINUM BCAA
#bcaa

BCAA Adalah Suplemen Apa?

BCAA memiliki singkatan dari branched-chain amino acids yang terdiri atas tiga asam amino esensial: leusin, isoleusin, dan valin. Asam amino esensial yang terdapat dalam kandungan BCAA, tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Maka dari itu, kita memerlukan asam amino esensial dari mengonsumsi makanan yang mengandung BCAA atau dari suplemen BCAA Muscle First. Karena, asam amino tersebut diperlukan tubuh untuk membuat protein yang menyusun komponen sel, jaringan, serta organ pada otot. Selain itu, asam amino dan protein baik juga untuk vital dalam metabolisme.

Menurut penelitian, kebutuhan BCAA per hari laki-laki yaitu 12 gram dan wanita 9 gram. Karena tubuh tidak membuat asam amino sendiri maka untuk memenuhi kebutuhan juga bisa didapat dari makanan kaya protein seperti daging merah, dada ayam, salmon, telur, keju, yogurt, dan susu. Protein BCAA bisa menjadi solusi bagi atlet atau orang-orang yang sering berolahraga berat karena memiliki kebutuhan BCAA yang lebih besar sehingga makanan sehari-hari tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sobat Muscle. Umumnya bagi orang yang berolahraga dengan intensitas besar memerlukan asupan BCAA sebesar 15 – 35 gram per hari.

1. Tingkatkan Massa Otot

Fungsi BCAA yang paling umum diketahui adalah mampu meningkatkan pertumbuhan otot. BCAA mengandung Leusin yang mengaktifkan enzim perangsang sintesis protein otot untuk membantu pembentukan massa otot. Protein BCAA sendiri diketahui mengandung semua asam amino esensial yang baik untuk membangun otot. Agar hasilnya lebih maksimal, sobat Muscle juga perlu melakukan olahraga otot dengan intensitas yang tinggi seperti angkat beban. Maka tak heran, apabila di tempat gym sobat Muscle akan menemukan banyak orang yang mengonsumsi protein whey shake dengan kandungan BCAA didalamnya. Sebuah penelitian menyatakan bahwa orang yang mengonsumsi BCAA sekitar 5,6 gram setelah workout mengalami peningkatan sintesis protein otot sebesar 22% lebih besar dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi minuman plasebo.

2. Redakan Nyeri Otot

Nyeri otot setelah olahraga adalah hal yang sering terjadi, apalagi bagi sobat Muscle yang ingin mencoba jenis olahraga baru atau baru berolahraga lagi setelah sekian lama. Biasanya, nyeri ini disebut juga DOMS (Delayed Onset Muscle Soreness) yang disebabkan karena otot mengalami robekan kecil setelah berolahraga. Nyeri tersebut dirasakan selama 12-24 jam hingga 72 jam atau 3 hari. Suplemen BCAA terbaik Muscle First telah terbukti mengurangi kerusakan otot yang bisa membantu mengurangi keparahan DOMS.

Nyeri setelah olahraga adalah sesuatu yang normal terjadi, terutama buat sobat Muscle yang ingin berolahraga secara rutin. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa protein BCAA sebelum berolahraga terbukti untuk menurunkan pemecahan protein selama latihan dan menurunkan kadar kreatin kinase, yang merupakan indikator kerusakan otot. Maka, apabila sobat Muscle mengonsumsi makanan yang mengandung BCAA bisa mempercepat pemulihan, mengurangi nyeri otot setelah olahraga dan mencegah kerusakan pada otot yang dilatih.

3. Kurangi Kelelahan Selama Olahraga

Rasa lelah setelah olahraga sangatlah wajar, namun berapa lama waktu yang sobat Muscle perlukan untuk pulih bergantung pada beberapa faktor, termasuk intensitas, durasi latihan, kondisi lingkungan, serta tingkat nutrisi dan kebugaran. Konsumsi BCAA saat berolahraga menyebabkan kadar dalam darah sobat Muscle menurun, sehingga kadar triptofan asam amino esensial di otak sobat Muscle meningkat. Lalu, triptofan diubah menjadi serotonin pada otak, dan memberikan sinyal lelah, selama berolahraga. 

4. Menurunkan Berat Badan

Kandungan leusin dan isoleusin yang ada pada kandungan BCAA meningkatkan produksi insulin sehingga otot dapat menyerap gula lebih banyak tanpa menyebabkan lonjakan gula darah. Leusin dapat mencegah kenaikan berat badan yang tidak diharapkan melalui leusin yang terkandung pada BCAA dapat meningkatkan dengan menjaga kadar gula darah tetap seimbang dan terkontrol. Dengan cara ini, konsumsi suplemen BCAA terbaik dapat membantu sobat Muscle yang ingin mengurangi massa lemak dan menurunkan berat badan.

5. Cegah Atrofi Otot

Manfaat BCAA berperan dalam mencegah atrofi otot atau pengecilan massa otot akibat protein yang menghilang saat berolahraga. Karena tidak diproduksi oleh tubuh maka sobat Muscle harus mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung protein. Protein yang ada pada kandungan BCAA adalah protein sederhana yaitu asam amino esensial yang dibutuhkan dalam sintesis otot. Otot yang mengecil merupakan tanda kekurangan gizi yang disebabkan kebutuhan yang diperlukan tubuh lebih besar daripada yang sobat Muscle konsumsi. Apabila sobat Muscle tidak mengonsumsi asam amino esensial, maka proses penguraian protein bisa berlangsung lebih cepat. 

Umumnya, kandungan BCAA M1 sebesar 35%-40% dari asam amino esensial dibutuhkan tubuh sobat Muscle. Nah, suplemen BCAA bisa menyediakan asam amino esensial yang dibutuhkan sobat Muscle untuk maintenance massa otot. BCAA bisa mencegah atau menghambat pengecilan massa otot akibat pemecahan protein yang dibutuhkan otot lebih besar dari protein yang dikonsumsi. Kegunaan BCAA selain dikonsumsi oleh atlet profesional dan binaragawan tapi juga untuk sobat Muscle yang ingin menghindari pengecilan massa otot yang bisa terjadi pada siapa saja seiring pertambahan usia.

6. Kurangi Komplikasi Penyakit Hati

Banyak penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung BCAA dapat mengurangi risiko komplikasi kanker hati atau ensefalopati pada penderita penyakit hati kronis seperti sirosis yang berakibat fatal. Penderita sirosis yang parah akan menjadi ensefalopati hepatik, yaitu hilangnya fungsi otak yang terjadi ketika hati tidak mampu mengeluarkan racun dari darah, pelupa, bingung, dan napas dengan bau manis. Nah, BCAA dapat memberikan perlindungan terhadap hati untuk mencegah komplikasi berkelanjutan. 

Cara Minum BCAA Dan Harga BCAA Muscle First

Sobat Muscle bisa memenuhi kebutuhan BCAA dari makanan atau lebih mudah dari  suplemen BCAA terbaik yang bisa dikonsumsi setelah berolahraga atau latihan rutin. Jika sobat Muscle memiliki pelatih di gym, ada baiknya berkonsultasi dosis beserta cara mengkonsumsi BCAA yang baik untuk tubuh sobat Muscle, karena setiap orang memiliki kebutuhan berbeda akibat faktor ukuran tubuh serta intensitas berat berolahraga. Cara minum BCAA dari Muscle First pun cukup simpel karena sudah mendapatkan scoop yang ada didalam toples M1 BCAA untuk menakarnya. 

Saran penyajiannya pun 2 scoop (10 gram) perhari yang dilarutkan dengan 150 ml air. Sobat Muscle bisa mengkonsumsinya sebelum maupun setelah olahraga, pagi hari atau bahkan sebelum tidur. Kalau sobat Muscle konsisten meminumnya maka BCAA bisa dikonsumsi 30 serving atau selama sebulan dengan begitu sobat Muscle bisa maintenance otot sekaligus menghemat selama sebulan dengan produk Muscle First BCAA. Sobat Muscle bisa menemukan tempat jual BCAA dari agen yang sudah tersebar diseluruh Indonesia. Selain itu, sobat Muscle bisa membeli melalui link order yang ada pada website.

Menurut penelitian, kebutuhan BCAA per hari laki-laki yaitu 12 gram dan wanita 9 gram. Karena tubuh tidak membuat asam amino sendiri maka untuk memenuhi kebutuhan juga bisa didapat dari makanan kaya protein seperti daging merah, dada ayam, salmon, telur, keju, yogurt, dan susu. Protein BCAA bisa menjadi solusi bagi atlet atau orang-orang yang sering berolahraga berat karena memiliki kebutuhan BCAA yang lebih besar sehingga makanan sehari-hari tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sobat Muscle. Umumnya bagi orang yang berolahraga dengan intensitas besar memerlukan asupan BCAA sebesar 15 – 35 gram per hari.

Fitrah Nur Islamiah Penulis Artikel
Kontak Media Penulis Artikel
Share