7 Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Mudik Sambil Berpuasa! | Musclefirst

7 Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Mudik Sambil Berpuasa!

Penulis Artikel Fitrah Nur Islamiah
2023-04-28
mudik
#energy

Melakukan perjalanan mudik selama berpuasa mungkin bisa menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Namun, dengan beberapa tips yang tepat, sobat Muscle bisa melakukannya dengan aman dan nyaman. Berikut adalah tujuh tips yang bisa sobat Muscle terapkan saat melakukan perjalanan mudik yang jauh selama berpuasa. Apa aja sih? Yuk baca sampai selesai yaa…

1. Rencanakan Perjalanan

Hindari perjalanan jarak jauh jika memungkinkan tanpa perencanaan yang matang. Perjelas tentang ke mana sobat Muscle harus pergi, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke sana, dan rute mana yang harus diambil. Dengan memiliki rencana perjalanan mudik yang matang, sobat Muscle mampu meminimalkan risiko terburuk yang mungkin terjadi selama perjalanan jauh.

2. Jaga Stamina

Jangan lupa untuk menjaga tubuh tetap fit saat melakukan perjalanan mudik selama berpuasa. Mulailah untuk mengecek kesehatan dan mempersiapkan stamina jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Perbanyak makanan sehat saat sahur yang mengandung vitamin maupun yang dibutuhkan tubuh untuk memperkuat imun supaya sobat Muscle tidak mudah lelah dan jatuh sakit. Menepilah saat sedang menyetir kalau sobat Muscle mulai merasakan kantuk. Pastikan sobat Muscle mencukupi waktu tidur selama 7–8 jam dalam beberapa waktu sebelum melakukan perjalanan mudik.

3. Penuhi Asupan Gizi dan Cairan Tubuh

Sebelum melakukan perjalanan mudik, pastikan sobat Muscle mencukupi kebutuhan nutrisi dengan cara berpuasa, makan pagi, dan berbuka puasa. Jangan lupa pastikan tubuh supaya tetap menghidrasi dengan minum air putih. Hal ini diperlukan untuk mencegah dehidrasi selama perjalanan mudik. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi multivitamin saat berpuasa agar membantu menjaga stamina sobat Muscle. Di samping itu, vitamin juga akan membuat tubuh sobat Muscle tetap segar selama bepergian.

4. Lakukan Perjalanan Malam

Apabila tidak ingin terlalu lelah dan tetap segar selama perjalanan, ada baiknya sobat Muscle mencoba memulai perjalanan pada malam hari. Selain menghindari paparan sinar matahari yang dapat membuat sobat Muscle cepat dehidrasi, berkendara di malam hari dapat memberikan energi lebih karena membatalkan puasa. Keuntungan lain berpergian malam saat Ramadan adalah sobat Muscle bisa makan dan minum dengan mudah tanpa merasa lapar atau haus. Jadi, gula darah yang normal memungkinkan sobat Muscle lebih berkonsentrasi saat mengemudi.

5. Bawa Obat-obatan

Berbagai kemungkinan bisa saja terjadi selama sobat Muscle melakukan perjalanan mudik jarak jauh, terlebih kondisi tubuh sobat Muscle lebih rentan saat puasa. Itu sebabnya tidak ada salahnya membawa kotak P3K. Sobat Muscle mungkin membutuhkan obat pertolongan pertama di tengah jalan. Sobat Muscle mungkin membutuhkan obat pertolongan pertama di tengah jalan. Beberapa obat yang harus sobat Muscle miliki dalam kotak P3K sobat Muscle antara lain seperti obat anti mabuk, obat asam lambung, obat pereda nyeri, minyak angin, kain kasa, dan obat merah.

6. Perhatikan Barang Bawaan

Jika sobat Muscle tidak makan atau minum sepanjang hari, sobat Muscle akan merasa sedikit lemas saat sedang diperjalanan jauh. Akibatnya, sobat Muscle bisa kehilangan fokus. Tidak jarang barang bawaan atau dompet sobat Muscle mungkin tertinggal di kamar mandi di restoran atau rest area. Jadi selalu berusaha untuk tetap waspada dan meningkatkan fokus. Selalu periksa barang bawaan sobat Muscle saat naik dan turun untuk memastikan tidak ada barang yang tidak diinginkan.

7. Istirahat secukupnya

Perjalanan mudik saat puasa membutuhkan energi dan ketahanan tubuh yang cukup. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk istirahat secukupnya selama perjalanan. Setiap 2-3 jam sekali, usahakan untuk berhenti sejenak, berjalan-jalan, dan meregangkan kaki. Hal ini bertujuan untuk mengurangi rasa pegal pada tubuh dan menjaga konsentrasi saat berkendara.

Kesimpulan

Berpuasa dan melakukan perjalanan mudik bisa menjadi hal yang menantang bagi sebagian orang. Namun, dengan memperhatikan tips-tips di atas, sobat Muscle bisa melaksanakan perjalanan mudik yang jauh saat puasa dengan aman dan nyaman.

Perencanaan perjalanan yang matang, menjaga stamina, memenuhi asupan gizi dan cairan tubuh adalah hal-hal yang perlu diperhatikan. Rekomendasi suplemen yang tak hanya bisa memenuhi kebutuhan saat berolahraga namun juga harian ada produk dari Muscle First. Suplemen Muscle First memiliki kandungan multivitamin yang dibutuhkan tubuh.

Jangan lupa juga untuk mengonsumsi suplemen yang dapat membantu menjaga stamina serta fokus sobat Muscle saat di perjalanan mudik, seperti Pro Energy yang memberikan manfaat untuk menjaga daya tahan tubuh dan memberikan energi saat melakukan aktivitas fisik.

Produk Muscle First bisa dikunjungi di kota-kota yang sudah tersebar di seluruh Indonesia.

Fitrah Nur Islamiah Penulis Artikel
Kontak Media Penulis Artikel
Share